PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Produksi yang melimpah dan persaingan dengan pemasok daerah lain menyebabkan harga komoditi pertanian Terong Ungu dan Timun mengalami penurunan drastis. Saat ini 2 komoditi ini hanya laku dikisaran harga Rp 600 per kilo ditingkat Gudang. Diungkapkan Medi 43 tahun Salah seorang pemilik Gudang Sayuran di Kelurahan Talang Rimbo, untuk 2 komoditi penurunanya cukup tajam dari sebelumnya dikisaran Rp 1500 per Kilo ke angka Rp 600 per kilo.

“Untuk saat ini ada 2 faktor yang menyebabkan harga terong dan timun turun drastis yakni cukup membeludaknya produksi ditingkat lokal dan daerah lain. Rata rata hasil pertanian Rejang Lebong ini kan dikirim ke kota Palembang, Jambi dan Kota bengkulu. Nah untuk pasar Palembang yang palin banyak menyerap 2 komoditi ini juga turun karena pasokan dari Wilayah Lampung,” Kata Medi, Selasa (19/11/2019).

Ditambahkan Medi, untuk Komoditi Sayuran masih stabil. Untuk buncis masih bertahan di harga Rp4.000kg,cabai merah keriting Rp39.000/kg, cabai rawit Rp30.000/kg, kol bulat Rp3.000/kg, tomar Rp4.5000/kg . Kemudian Kol kembang Rp13.000/kg dan beberapa jenis sayuran lainya masih stabil. Untuk Jagung manis saat ini juga mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 5000 per kilo kini menjadi Rp 3.800 per kilo.

“Memang untuk sayur sayuran harganya cukup setabil dalam beberapa minggu ini, diakhir Bulan Oktober kemarin harga sayuran sempat melambung karena faktor kemarau, dengan mulai memasuki musim hujan harga sayuran ini mulai satbil,” kata Medi. [Julkifli Sembiring]