PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Ajang Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI PTKI ) se-Indonesia yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama bersama Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN. Kegiatan digelar di Kota Makasar 14-16 November yang diikuti oleh seluruh PTKI Negeri dan Swasta se-Indonesia dengan kategori PTKI Favorit, PTKI Inovatif dan PTKI Kreatif.

Dalam kegiatan ini, IAIN Bengkulu sukses meraih kategori Perguruan Tinggi Terinovatif se-indonesia. Pencapaian yang luar biasa ini disambut baik Civitas akademika IAIN Bengkulu. Capaian ini membuktikan IAIN Bengkulu memiliki khualitas sangat baik di tingkat Nasional.

Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI-PTKI) merupakan ajang Nasional yang diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. Kegiatan yang berlangsung di Makasar ,14-16 November 2019, yang diikuti oleh 646 mahasiswa dan dosen dari rumpun ilmu sains dan teknologi dari UIN dan IAIN seluruh Indonesia.

Sebanyak 519 mahasiswa ikut pada lomba sains, terdiri atas bidang matematika (176), fisika (93), kimia (68), dan biologi (182). Sebanyak 13 peserta ikut lomba karya inovasi dosen, dan sisanya ikut lomba karya inovasi dosen dan mahasiswa (114).

Tahapan penilaian hingga penentuan pemenang katagori inovatif bukan hanya penilaian dari karya mahasiswa dan dosen yang diperlombakan di makasar, tapi juga penilaian dari program inovatif, publikasi jurnal internasional, karya-karya media ajar yang dilakukan oleh Prodi IPA di PTKI se-indonesia, tahapan ini sudah dilakukan sejak bulan Oktober hingga November. Tim penilai sendiri dibentuk oleh Ditjen pendis yang terdiri dari 25 dosen ahli kimia, matematika, fisika dan Biologi yang diambil dari PTKI se-indonesia yang telah diseleksi.

Penutupan sekaligus pengumuman pemenang digelar di Makasar minggu malam. IAIN Bengkulu dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi terinovatif se-Indonesia. Rektor IAIN Bengkulu Prof.Dr.H. Sirajuddin, M. M.Ag., MH dikonfirmasi saat menghadiri gelaran seminar motivasi, mengapresiasi atas dinobatkannya IAIN sebagai Perguruan tinggi Terinovatif se-indonesia, menurut beliau, ini merupakan bentuk pencapaian yang sangat luar biasa, dan beliau berterimakasih atas kerja keras tim yang ikut kompetisi ini, dan berharap kedepan akan lebih banyak lagi penghargaan dan trobosan yang diraih oleh lembaga ini, sehinga menjadi penunjang bagi peningkatan kualitas lembaga.

“Sangat mengapresiasi dan banga atas dinobatkan IAIN Bengkulu sebagai perguruan tinggi terinovatif se-indonesia, dan bertrimakasih kepada tim yang sangat solid hingga tercapat kemenangan ini,” ungkapnya.

Wakil Rektor lll saat ditanyai diruangannya mengatakan sangat berbangga hati atas pencapaian ini, dan berharap kedepan akan lebih banyak lagi prestasi-prestasi yang diraih oleh lembaga ini. Dilain tempat Abdul Aziz, M.Pd.I selaku Kaprodi IPA mengatakan program-program unggulan dosen IPA menjadi penentu bagi kemenangan ini, kerja keras mereka dan dibantu oleh mahasiswa yang kreatif menjadi tolak ukur utama dalam pencapaian kemenangan ini, dan berharap kedepan Prodi IPA dan Prodi lainnya dapat lebih banyak berkarya dan berinivasi sehingga dapat meraih prestasi dilain kompetisi. [Soprian/rilis]