Pedomanbengkulu.com, Seluma – Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kabupaten Seluma, yang mengalami kerusakan akan diperbaiki. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma, Mirin Ajib menyebutkan, sudah ada usulan perbaikan gedung sekolah yang rusak.

Gedung sekolah akan diperbaiki menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020. Namun sekolah tersebut harus diverifikasi terlebih dahulu, untuk mengetahui kelayakan berdasarkan kondisi kerusakan.

“Nanti kitab lihat kalau memang masuk data, kita rehab, nanti finalnya dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan menyatu, nanti kita finalkan (sekolah) yang mana yang akan dibangun dan mendapat dana alokasi khusus (DAK),” jelas Mirin Ajib, Minggu (24/11/2019).

Baca: Gedung SDN Tertua di Seluma Alami Kerusakan

Mirin menambahkan, sekolah yang masih terkaregori rusak ringan, belum akan mendapat bantuan dana untuk perbaikan. Pendataan kerusakan sekolah sangat bergantung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Mereka (Kementerian) sudah tau Dapodik, kalau didalam Dapodik itu rusak ringan mereka belum menyepakati (pemberian DAK) tetapi kalau di Dapodik rusak berat itu diutamakan. Operator sekolah ini terkadang membuat datanya rusak ringan,” jelas Mirin.

Adapun kerusakan yang dialami SDN 1 Seluma, terdapat dibagian atap, dan plafon yang bocor. Kerusakan terjadi di ruang kepala sekolah, dan hampir diseluruh ruang kelas. Perbaikan di SD yang sudah berdiri sejak tahun 1912 tersebut, terakhir kali dilakukan tahun 2009 lalu. [IT2006]