Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong melakukan Audiensi kepada pemilih pemula dan organisasi kemasyarakatan. Diungkapkan Ujang Maman, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU RL mengungkapkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang untuk memberikan edukasi masyarakat.

“Pada fungsi yang lebih luas, konsep rumah pintar pemilu difungsikan menjadi semacam museum pemillu. Secara umum RPP ini bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu menjadi pusat informasi kepemiluan,” kata Ujang.

Ditambahkan Ujang secara khusus tujuan adanya RPP ini yakni untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi.

“Di rumah pintar pemilu memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi (pra pemilih) meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi (seluruh segmen) menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi. Sasaran rumah pintar pemilu adalah masyarakat umum dan seluruh segmentasi yang terdapat dalam masyarakat,” ujar Ujang.

Ujang juga menyampaikan untu RPP KPU RL masih belum maksimal karena belum memiliki website yang menampilkan isi rumah pemilu KPU Rejang Lebong.

“Kalau masyarakat ingin melihat isi rumah pemilu maka harus datang ke KPU, kedepanya kita akan menyiapkan website rumah pintar pemilu ini.” pungkas Ujang. [Julkifli Sembiring]