PedomanBengkulu.com, Lebong – Memasuki pertengahan November 2019, sejumlah petani di wilayah Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong sudah mulai musim tanam padi, jika sebelumnya memang ada sedikit kendala kekeringan. Sejak mulai turun hujan, sebagian sudah selesai tanam. Bahkan Camat Lebong Sakti, Gusmawati memastikan hingga akhir Desember 2019, hamparan persawahan diwilayahnya bakal selesai ditanami.

“Sekarang sudah yang mulai turun tanam diwilayah seberang sungai ketahun. Insyah Allah, Desember semuanya selesai tanam,” sampai Gusmawati kepada PedomanBengkulu.com Jum’at pagi (29/11/19).

Dikatakan Gusmawati, biasanya persawahan di Kecamatan Lebong Sakti memang turun tanam dimulai dari seberang Sungai Ketahun, kemudian akan disusul hamparan yang dibelakang desa atau hamparan sawah yang berbatasan dengan Kecamatan Lebong Tengah dan Kecamatan Bingin Kuning.

“Diperkirakan mulai 15 Desember 2019, untuk sawah yang dibelakang (hamparan,red) juga bakal mulai ditanami,” ucapnya

Kepada masyarakat, lanjut Gusmawati, pihaknya menganjurkan untuk mengikuti program turun tanam serentak. Hal itu sebagai langkah mengurangi resiko gagal panen. Walaupun memang ada serangan hama, setidaknya jika dilaksanakan secara serentak maka
hamanya pun tidak menyerang satu lahan saja.

“Jika sebelumnya kemarau, sekarang sudah mulai turun hujan. Semoga hasil panen kedepan dapat lebih maksimal,” pungkasnya.[Supriyadi]