PedomanBengkulu.com, Seluma – Jika berkunjung ke suatu tempat atau sedang singgah saat dalam perjalanan, oleh oleh menjadi hal yang wajib untuk diberikan kepada keluarga dan teman teman. Buah buahan bisa menjadi pilihan oleh oleh yang bisa dibagikan.

Jika anda sedang berkunjung ataupun melintas di wilayah Kabupaten Seluma, anda dapat membeli oleh oleh berupa buah sawo. Penjual buah sawo dapat ditemui di sepanjang jalan Benkulu-Manna tepatnya di Kelurahan Babatan Kecamatan Sukaraja. Lokasi penjual sawo hanya berjarak 100 meter dari perbatasan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Seluma.

Di lapak pedagang buah ini tersedia berbagai ukuran sawo, mulai dari yang kecil hingga besar seukuran kepalan tangan orang dewasa. Harga sawo dijual mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 perkilogram.

“Harganya ada yang limabelas ribu, duapuluh ribu, ada juga duapuluh lima ribu dapat dua kilo,” jelas Wiwid, penjual sawo yang sudah berjualan selama 10 tahun, Minggu (24/11/2019).

Dijelaskan Wiwid, buah sawo yang ia jual didapat dari warga sekitar yang memiliki kebun, ataupun menanam pohon sawo diperkarangan rumah.

“Kami beli dari kebun atau yang punya pohon. Disini memang banyak pohon sawo, mulai dari Sukaraja sampai ke Air Periukan sana,” jelas Wiwid.

Adapun pembeli sawo berasal dari berbagai wilayah, mulai dari Kota Bengkulu, maupun warga Kabupaten lain yang sedang melintas.

“Banyak yang beli karena inikan jalan lintas, orang dari Kampung Bali, dari Kota saja kesini kalau mau beli sawo,” tambah Wiwid. [IT2006]