PedomanBengkulu.com, Lebong – Usai menggelar seminar nasional (Semnas) sekaligus me-launching Buku T’wan Anok Langia Selasa (26/11/19) lalu yang dilaksanakan Aliansi Masyarakat Adat Daerah (AMANDA) Taneak Jang Kabupaten Lebong. Buku T’wan Anok Langia itu sendiri merupakan langkah AMANDA Taneak Jang untuk merawat pengetahuan sehat para leluhur serta pengakuan wilayah Adat Suku Rejang.

“Buku T’wan Anok Langia disusun yang lebih fokus kepada bagaimana menjaga kesehatan orang Rejang terdahulu, maupun sejumlah T’wan Langia dalam meramu obat secara tradisional dengan tetap menjaga kearifan lokal,” sampai Ketua PD AMANDA Taneak Jang Arafik Trisno kepada PedomanBengkulu.com, Kamis siang (28/11/19).

Dijelaskan Arafik, dalam buku T’wan Anok Langia juga dalam rangka merawat pengetahuan sehat leluhur dan pengakuan Wilayah Adat Suku Rejang tersebut. Selain launching, pihaknya juga membagikan buku tersebut sebanyak 60 buah kepada peserta yang. Kemudian pasca launching buku, AMANDA Taneak Jang juga mengagendakan beberapa kegiatan yang berhubungan hasil penelitian dalam Buku T’wan Anok Langia.

“Besar harapan kami kepada pemerintah daerah Kabupaten Lebong, pihak legislatif, sesepuh adat dan masyarakat adat Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu untuk dapat mendukung berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Taneak Jang di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu,” demikian Rafik.

Untuk diketahuinya, dalam seminar dan launching Buku T’wan Anok Langia yang digelar AMANDA Taneak Jang pada Selasa (26/11/19) lalu dibuka Sekda Lebong Mustarani Abidin SH M.Si, dengan menghadirkan pembicara Dewan AMAN Nasional Abdon Nababan, Kadis DLH Lebong Zamhari SH MH, Akademisi UNIB Dr Dhanuseto, Akademisi UMB Dr Fahmi Arisandi dan Firmansyah S.Sos yang mewakili kalangan Jurnalis.

Kemudian diikuti sejumlah Pengurus AMANDA Taneak Jang, FKPD, Kepala OPD, Ketua BMA Lebong, Perwakilan PT.PGE Hulu Lais, para Pembina Adat, Pembina Kutai, Tokoh Adat dan 11 orang mewakili T’wan Anok Langia yang ada di Kabupaten Lebong.[Supriyadi]

Adapun yang masuk agenda AMANDA Taneak Jang kedepannya diantaranya:

1. AMANDA Taneak Jang akan menggagas kongres T’wan Anok Langia di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Tujuannya untuk membentuk Persatuan T’wan Anok Langia” dengan harapan melalui organisasi ini para T’wan Anok Langia dapat meningkatkan kapasitas dalam menjaga pengobatan tradisional.

2. Membuat kebun konservasi tanaman obat di kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, sebagai kekayaan hayati yg dimiliki oleh Masyarakat Adat Suku Rejang

3. Mendirikan sekolah adat T”wan Anok Langia, sekolah khusus untuk Pengobatan Tradisional Suku Rejang

4. Khusus kegiatan bidang Etnografi akan mengadakan pemugaran Petilasan Leluhur Rejang, sebagai identitas Masyarakat Adat Suku Rejang di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu.