PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menerima kunjungan Pengurus Baznas Pusat di ruang kerja Wakil Walikota Bengkulu, Jumat (1/11/2019). pertemuan ini guna mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Kota Bengkulu dengan Baznas Pusat.

“Pertemuan ini adalah suatu kehormatan bagi kami pemerintah kota Bengkulu, karena kunjungan silaturahmi ini membahas bagaimana Zakat Profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi (hasil profesi) bila telah mencapai nisab,” kata Dedy, Jumat (1/11/2019).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat, dana operasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) daerah termasuk di item anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

“Bengkulu salah satunya kota yang sudah menghimpun pendapatan zakat profesi, Wali Kota juga berinisiatif mengajak masyarakat kota Bengkulu bersama-sama untuk membesarkan Baznas dan bersinergi dalam menuntaskan kemiskinan,” ungkapnya.

“Terhitung mulai Juni 2019 Baznas kota menghimpun dana umat melalui zakat profesi hampir 500 juta per bulan, nantinya dana tersebut akan menuntaskan kemiskinan, orang sakit tidak ada biaya dibantu, orang tidak ada biayaan untuk pendidikan akan dibantu,” Ujar Dedy.

Selain itu, Dedy juga mengatakan, apabila masyarakat kota Bengkulu ada masalah, silahkan laporkan ke Pemda kota, Camat dan Kelurahan insya Allah ada solusinya.

Sementara, Baznas pusat tertarik dengan program jemput Sakit Pulang Sehat Wali Kota Bengkulu. BASNAZ pusat juga akan merealisasikan Ambulans untuk masyarakat kota Bengkulu, agar nantinya masyarakat kota Bengkulu tidak lagi ibu yang menggotong anak karena tidak ada biaya untuk ambulan, tidak ada lagi bayi yang dimasukkan didalam plastik/tas akibat tidak ada biaya tuk ambulan, oleh sebab itulah Baznas pusat mengecek langsung program tersebut dan selanjutnya akan ada penilaian sejauh mana program tersebut. [Soprian]