PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota – Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu Komisi III melakukan kunjungan Kerja ke pengrajin pembuatan Dol, di Kelurahan Pasar Melintang Kota Bengkulu, Jumat (8/11/2019).

Helmi mengatakan, kunjungan ini guna menargetkan Dol Bengkulu nantinya akan dipatenkan menjadi ciri khas Kota Bengkulu, dengan demikian kita harus memproduksi sebanyak mungkin sesuai dengan permintaan pasar. Supaya hak paten itu nantinya kita miliki.

“Tadi saya sudah mendiskusikan dengan pembuat Dol, bagaimana cara kita memproduksi Dol ini sebanyak mungkin, karena pembuat dol mengatakan kita hanya bisa membuat dol 1 pohon kelapa itu 1 Dol itupun kita harus menunggu sampai 20 tahun,” kata Helmi, Jumat (8/11/2019).

“Dengan demikian kita mempunyai alternatif lain agar kebutuhan pasarnya nanti terpenuhi, seperti dengan menggunakan bahan Viber, dari pada kita selalu ketergantung dengan alam,” tambah Helmi.

Senada juga yang disampaikan oleh Baidari Citra Dewi Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, bagaimana cara supaya nantinya kita lebih banyak lagi memproduksinya, dengan menggunakan alat tradisional yang awalnya 1 minggu hanya mendapat 1 dol, jika nanti menggunakan alat yang lebih moderen 1 minggu bisa menghasilkan 10 dol.

Dengan ini Pemkot dan DPRD kota bersemangat mendorong masyarakat kita agar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk mereka dan untuk Kota Bengkulu.

“Dengan demikian kami sampaikan di pertemuan ini jika ada kendala di alat ataupun pendanaan tinggal di list lalu sampaikan saja kepemerintahan Kota dan DPRD Kota,” tuturnya. [Soprian]