Pedomanbengkulu.com, Bengkulu — Hari ulang tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-51 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya Pentas Seni Panggung Bangsawan Bengkulu pada Minggu (03/11/2019) malam bertempat di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu tersebut dihadiri oleh Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan, anggota DPD RI Ahmad Kenedi dan Budayawan Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Irsan Setiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kisah yang diangkat dalam pentas panggung bangsawan tersebut mengambarkan bagaimana perjuangan para tokoh kerajaan untuk kepentingan masyarakat.

“Pentas panggung bangsawan ini sangat saya apresiasi, bagaimana dalam panggung ini dikisahkan bagaimana perjuangan para tokoh Bengkulu terdahulu. Nilai-nilai luhur yang diangkat bisa menjadi edukasi bagi masyarakat Bengkulu,” ujar Irsan Setiawan dalam sambutannya, Minggu (03/11/2019) malam.

Ditambahkan Irsan Setiawan dalam kegiatan tersebut ikut mengandeng penggiat teater agar terbangun generasi yang mampu melestarikan kesenian budaya Bengkulu.

“Teater Seni Budaya Panggung Bangsawan menjadi salah satu mitra kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini sebagai bentuk melahirkan kader-kader muda dalam membangun seni dan wisata di Provinsi Bengkulu yang akan datang. Kedisiplinan, terampil, giat, dan kreatif sebagai salah satu motor penggerak dalam membangun Seni Budaya dan kepariwisataan di Provinsi Bengkulu ini,apalagi kita akan menyambut Wonderful 2020 akan datang,” imbuhnya.

Diharapkannya, generasi muda dapat menjaga warisan budaya yang ada walau perkembangan zaman semakin maju.

“Dengan pagelaran seni teater ini, semoga generasi kita paham dan akan terus melestarikan sejara perjuangan rakyak Bengkulu dalam merebut kemerdekaan. Saya juga mengucapankan  terima kasih kepada anak –anak yang hadir begitu antusiasnya menyaksikan pentas panggung Bangsawan dan semoga mengerti betapa hebatnya para pejuang kita yang merebut kemerdekaan untuk negeri kita sendiri,maka saya berharap kepada anak –anak ku sekalian mari kita kembangkan seni budaya yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” harap Irsan Setiawan menutup sambutannya.

Disisi lain Asisten III Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto menyampaikan bahwa Bengkulu kekayaan yang dimiliki Bengkulu tidak hanya dari alamnya tapi juga kebudayaannya.

“Bengkulu tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya tetapi Bengkulu juga terkenal dengan cerita rakyatnya. Salah satu tokoh kemerdekaan Ibu Fatmawati, namun ada juga salah satu tokoh yaitu Ratu Samban. Dikisahkan kepemimpinan ratu samban zaman perjuangan melawan kolonial Belanda. pesan moral yang sangat baik untuk dipetik,pesan moral yang berguna bagi kaum melenial yang ada di Provinsi Bengkulu untuk tidak akan melupakan tradisi dan kebudayan ditengah perkembangan zaman disaat sekarang ini,”ucapnya.

Gotri Suyanto menambahkan dalam sambutannya bahwa pemerintah akan terus mendukung berbagai kegiatan kesenian yang mampu mengangkat warisan kebudayaan Bengkulu.

”Pemerintahan Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu akan selalu mendorong dan mendukung termaksud seni budaya  cerita rakyat yang diselenggarakan pada malam ini,sebagai salalu satu penggiat menuju visit Wenderfull 2020. Semoga kegiatan pentas panggung bangsawan ini akan selalu memberikan hal yang positif bagi kaum melenial kita yang akan datang,” tutup Gotri Suyanto.

Untuk diketahui Pentas Panggung Bangsawan ini menceritakan tentang Ratu Samban yang di sutradarai oleh Agus Sepianto,dalam pentas panggung bangsawan ini, para pejabat akan diuji jiwa seninya. Selain seniman Bengkulu juga Ada Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, DPRD Kota Bengkulu dan Akademisi. [Yusuf]