Pedomanbengkulu.com, Seluma – Penghitungan suara langsung dilakukan usai pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak di Seluma. Penghitungan suara tersebut berlangsung sejak siang hingga Kamis petang (7/11/2019).

Informasi yang dihimpun, calon Kepala Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan bernama Kirman Effendi yang juga merupakan calon petahana, kalah suara dengan pesaingnya. Kirman Effendi hanya mendapatkan 323 suara, kalah dengan calon nomor urut 3 Siswanto yang berhasil meraih 410 suara. Sedangkan posisi juru kunci yakni Erlian Nazori dengan jumlah suara 39 suara.

Nasib berbeda didapat Dodi Haryadi, calon kepala desa petahana di Desa Petai Kayu kecamatan Semidang Alas. Ia kembali menang dengan perolehan suara 204, diikuti oleh Tamran Astandi 136 suara, Arzan Sahadi 119 suara, Jasrun 24 suara, dan Mahudi 2 suara.

Sementara itu kekalahan perolehan suara juga dialami mantan Camat Semidang Alas, Idham, yang mencalonkan diri sebagai kepala Desa Lubuk Gio Kecamatan Talo. Ia hanya mendapat 40 suara. Ia kalah dengan Ansori yang berhasil memperoleh 138 suara, dari total mata pilih sebanyak 365 orang.

Seluruh hasil penghitungan suara di 85 desa di Kabupaten Seluma, akan langsung dilakukan penetapan. Kades yang terpilih akan segera dilantik, setelah diproses administrasinya oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Seluma.

“Jika proses administrasinya sudah selesai, maka akan kami ajukan untuk segera dilakukan pelantikan” jelas Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma, Saparudin. [IT2006]