Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong- Polres Rejang Lebong, saat ini tengah melakukan pemetaan terhadap desa-desa di Rejang Lebong yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa pada bulan Febuari 2020 yang akan datang. Diungkapkan Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK melalui Kabag Ops Polres Rejang Lebong AKP Margopo pemetaan yang dilakukan personil Babinkamtibmas ini untuk menentukan jumlah personil yang akan diturunkan pada saat pilkades di 56 Desa.

“Saat ini petugas sedang melakukan pemetaan dari 56 desa yang akan mengadakan Pilkades, pemetaan ini untuk menetukan desa yang rawan dan tidak rawan. Sehingga untuk desa yang dianggap rawan, personel pengamanannya akan diperbanyak,” kata Margopo.

Kabag Ops mengatakan jumlah personel yang akan dikerahkan guna mengamankan jalannya Pilkades serentak yang akan dilaksanakan di 56 desa tersebut saat ini masih dalam persiapan.

“Untuk persiapan, telah disiapkan lebih dari 200-an orang, namun jumlah pastikan belum final karena masih menunggu hasil pemetaan lapangan dan koordinasi dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Rejang Lebong,” ujaruMargopo.

Disampaikan Margopo Sejauh ini hal-hal yang menjadi perhatian pihaknya dalam pelaksanaan Pilkades serentak ialah potensi timbulnya konflik antar warga karena menjadi pendukung dari calon kepala desa tertentu, kemudian ketersediaan TPS dengan jumlah penduduk di masing-masing desa hal ini penting agar seluruh mata pilih bisa memberikan hak suaranya.

“Kita melalui Babinkabtibmas terus berupaya menanamkan kesadaran masyarakat di masing-masing desa yang melaksanakannya untuk menjaga ketertiban lingkungan dan tidak terlibat perbuatan anarkis akibat berlebihan mendukung salah satu kandidat Pilkades,” kata Margopo.

Sebelumnya, DPMD Rejang Lebong menyebutkan sebanyak 56 desa di daerah itu akan melaksanakan Pilkades serentak antara lain dalam Kecamatan Curup Utara empat desa, tiga desa di Curup Timur. Curup Selatan empat desa, satu desa di Curup Tengah. Selanjutnya dalam Kecamatan Sindang Kelingi empat desa, Sindang Dataran satu desa. Kota Padang lima desa, Kecamatan Sindang Beliti Ilir ada lima desa. Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu terdapat delapan desa, empat desa dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya. Kemudian empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Binduriang tiga desa, Sindang Beliti Ulu lima desa serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang. [Julkifli Sembiring]