PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Bertemu dengan jalanan sempit atau sering disebut gang kerap menjadi momok bagi sebagian pengendara, terutama yang belum mahir. Karena selain ruangnya yang kecil, keadaan tersebut dapat membuat sepeda motor sulit bermanuver.

Sebagaimana disampaikan oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi, kepada PedomanBengkulu.com, Rabu (20/11), jika Anda berada dalam kondisi demikian, berikut tips #Cari_Aman yang bisa diterapkan.

“Saat berkendara di jalanan sempit, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah tetap berada di jalur kiri untuk memberikan ruang bagi pengendara lainnya saat melintasi jalur yang sama,” ujar Noval.

Kemudian menjaga jarak dengan pengendara lain juga menjadi hal penting yang harus dilakukan demi keselamatan.

Selanjutnya, membunyikan Klakson jika menemui belokan. Tujuannya memberitahukan keberadaan kita ke pengendara jalan yang lain dari arah yang berlawanan.

“Selain itu, dalam kondisi seperti ini, usahakan untuk tidak melakukan pengereman terlalu dalam. Sebab jika ban mengunci, potensi terjatuh lebih mudah,” lanjutnya.

Mengontrol Kecepatan dan Fokus saat berkendara juga menjadi hal yang penting agar tidak lengah apabila ada anak kecil, hewan ataupun motor yang melintas, tutur Noval sembari mengakhiri keterangannya. [Nurhas]