PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota – Untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang unggul dan maju harus dimulai dari memastikan sumber daya manusia (SDM) sehat lahir dan batin.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi saat memperingati Hari Kesehatan Nasional, di Halaman kantor Walikota Kota Bengkulu, Minggu (10/11/209).

Dedy Wahyudi mengatakan, Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Tema ini menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif.

“Untuk mencetak SDM yang pintar dan berbudi luhur harus didahului oleh SDM sehat dan kuat,” katanya.

Dikatakannya, gaya hidup sehat hendaknya dimulai dari diri sendiri, baru kemudian ditularkan kepada orang-orang tercinta di sekitar kita dan masyarakat pada umumnya.

“Perikaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat,” ujarnya.

“Hidup kita tanpa sehat jasmani rohani tidak bisa berbuat apa-apa, tidak bisa ibadah dengan sempurna, tidak bisa berkiprah untuk masyarakat, tidak akan bisa berbuat apa-apa, jadi tanamkan dalam diri sendiri dulu bahwa sehat adalah yang utama,” ungkapnya.

Selain itu, Dedy juga mengatakan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang langsung bersentuhan dengan masyarakat seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Rumah Sakit, Kecamatan, Puskesmas, Perizinan dan seluruh yang berkaitan dengan pelayanan publik untuk membiasakan budaya 3S yaitu Senyum Salam Sapa juga memasang pengumuman untuk mengirim pesan atau whatshapp (WA) laporan kepada kepala unit masing-masing pelayanan jika ada masukan atau kendala.

“Melalui SMS atu WA kita bisa terus berinovasi melalui sampaian-sampaian masyarakat,” tutupnya. [soprian/rilis]