Tampak warga Kota Bengkulu Dian Saputra dan istri mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Gubernur Bengkulu di Kantor PPP

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Dukungan masyarakat terhadap Helmi Hasan untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Pilkada 2020 terus mengalir. Helmi Hasan kembali didaftarkan sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur ke partai politik oleh warga yang berkeinginan Helmi maju dan memimpin Provinsi Bengkulu.

Sepasang pengantin baru warga Kota Bengkulu yang baru sebulan menikah bernama Dian Saputra didampingi istrinya bernama Wulan mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Bengkulu yang terletak di Jalan Mayjen Sutoyo No.27 Kelurahan Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu, Senin (4/11/2019).

Kemudian, sepasang pengantin ini menemui tim penjaringan dan menyampaikan maksud untuk mengambil formulir pendaftaran Balon Gubernur untuk Helmi Hasan. Keduanya mengaku ingin Helmi Hasan menjadi gubernur dan kedatangannya atas inisiatif sendiri.

Awalnya, tim penjaringan PPP sedikit terkejut. Kemudian tim penjaringan meminta waktu untuk musyawarah. Setelah berunding beberapa saat, akhirnya tim penjaringan partai PPP menerima aspirasi warga tersebut  dan memberikan formulir pendaftaran Balon Gubernur yang diminta.

Saat diwawancarai, Dian Saputra menegaskan menginginkan sosok Helmi Hasan untuk jadi gubernur, karena dirinya menilai dan merasakan sendiri program dan kebijakan Helmi Hasan sangat pro rakyat dan visioner.

Apalagi kata Dian, keluarganya sangat terbantu dengan program HD OTO pada saat dirinya melangsungkan akad nikah sebulan yang lalu.

“Apa yang kami lakukan Ini atas inisiatif sendiri datang dari hati nurani. Kita melihat pak Helmi figur yang cocok untuk memimpin Bengkulu. Program-program beliau seperti Jemput Sakit Pulang Sehat dan seribu jalan mulus maupun HD OTO yang manfaatnya secara langsung sudah dirasakan masyarakat Kota Bengkulu,” kata Dian Saputra.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DPW PPP Bengkulu, Evan Tri Jasa mengatakan pihaknya menerima aspirasi warga tersebut. Artinya, kata Evan, antusias untuk mengusung Helmi Hasan menjadi gubernur sangat tinggi, seidealnya memang pemimpin itu didukung oleh masyarakat.

“Memang secara visi misi PPP ada kedekatan dengan pak Helmi Hasan tentang Bengkulu Religius. Artinya apa PPP sangat mendukung dalam keislaman. Tapi disini partai PPP juga memiliki mekanisme, artinya apa silahkan mengambil formulirnya dan memang kalau nanti pak Helmi Hasan berkenan diusung sama warga silahkan isi formulirnya dan nanti dikembalikan lagi dengan membawa mandat, yang artinya pak Helmi Hasan bersedia untuk dicalonkan oleh warga melalui partai PPP,” ungkap Evan.

Setelah formulir dikembalikan, sambung Evan, akan ada proses fit n proper tes dan hasil akhirnya nanti diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat. Artinya DPW PPP Provinsi Bengkulu membuka seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin mencalonkan diri menjadi Gubernur Bengkulu.

“Dari DPW partai PPP Provinsi Bengkulu menerima seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin mencalonkan diri menjadi Gubernur Bengkulu. Namun tentu mekanismenya harus bakal calon yang mengisi formulir,” jelas Evan.

Evan menjelaskan, sejak dibukanya pendaftaran PPP sudah menerima pengembalian berkas dari dua bakal calon gubernur yaitu Dadang Mishal dan Rohidin Mersyah. Kemudian rencananya akan disusul oleh Leni Jhon Latief dan Rio Capela, Ahmad Hijazi, Imron Rosadi.

“Namun yang pasti mengembalikan baru ada dua bakal calon itu. Dan besok terakhir pendaftaran kita buka, kita akan melihat apakah masih ada bakal calon yang akan mengembalikan formulir atau tidak, dan besok akan kita tutup secara resmi,” terang Evan. [Anto]