PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemerintah Kabupaten Seluma membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus untuk formasi guru kelas ahli pertama, sebanyak 23 orang. Syarat pendidikan untuk melamar diformasi tersebut adalah lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hal ini menjadi pertanyaan bagi sejumlah lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang berniat melamar.

Pasalnya di formasi untuk Pemerintah Daerah di Kabupaten lain maupun di Kementerian Agama, justru memperbolehkan kualifikasi pendidikan dari S1 PGSD maupun PGMI untuk formasi guru-guru kelas sekolah dasar, karena keilmuan yang sama.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Seluma menyebut, sampai saat ini belum ada perubahan untuk persyaratan kuialifikasi pendidikan untuk formasi guru kelas SD. Kendati demikian pihaknya kini sedang berkordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII Palembang Sumatera Selatan.

“Untuk sementara ini kordinasi via telepon dengan BKN Regional VII. Memang ada pertanyaan mengenai PGSD dan PGMI, tetapi kita sebagai perpanjangan tangan untuk pelaksanaan tes CPNS ini belum bisa untuk menjawab karena perlu ada konsultasi lagi dengan BKN Regional VII,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai BKPSDM Seluma, Nurlin (19/22/2019).

Nurlin juga menyatakan formasi tersebut sampai saat ini belum ada perubahan syarat pendidikan, sehingga tetap mensyaratkan PGSD.

“Memang kuota kita disitu disebut PGSD tidak ada garis miring PGMI, jadi kita kordinasi dulu dengan BKN Regional VII Palembang. [IT2006]