Ilustrasi

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Berbagai syarat dibutuhkan untuk mendaftar test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Syarat dokumen keahlian seperti kemampuan bela diri, sertifikat pengajar, hingga sertifikat untuk tenaga kesehatan dibutuhkan sebagai syarat administrasi.

Sertifikat bahasa inggris seperti Test of English as a Foreign Languange (TOEFL), dan jenis lainnya seperti TOEIC (Test of English for International Communication), IELTS (International English Language Testing System) juga dibutuhkan sejumlah lembaga yang menggelar tes CPNS tahun 2019 ini.

Khusus di Pemerintah Kabupaten Seluma, tidak mensyarakat adanya kemampuan bahasa inggris yang ditunjukkan dengan sertifikat tersebut sebagai syarat. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seluma, Ikhwan Effendi mengatakan tidak ada arahan dari Menpan RB untuk mensyarakat adanya sertifikat bahasa inggris.

“Kita belum ada arahan itu dari Menpan, sampai saat ini belum ada syarat untuk membelakukan itu” jelas Ikhwan Effendi.

Beberapa pemerintah daerah lainnya juga tidak menjadikan sertifikat bahasa inggris menjadi syarat administrasi pendaftaran CPNS. Sejumlah lembaga yang mensyarakat diantararanya adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN), Arsip Nasional RI (ANRI), hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). [IT2006]