PedomanBengkulu.com, Seluma – Penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Seluma di Dewan Pimpinan Daerag (DPD) II Partai Golkar, sudah ditutup masa pengembalian berkasnya pada (26/10/2019) kemarin. Ada empat nama yang sudah mengembalikan berkas ke Partai berlambang pohon beringin.

Empat nama mendaftar sebagai bakal calon Bupati, yakni Wakil Bupati Seluma Suparto, PNS di Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma Erwin Oktavian, Kepala Kesbangpol Kabupaten Seluma Khairi Sustam, dan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon. Sementara itu untuk bakal calon Wakil Bupati, ada dua nama yakni Syeikh Sasriponi Bahrin Ranggolawe, dan politisi PDI-Perjuangan Khairi Yulian.

Wakil Kedua DPD I Golkar Provinsi Bengkulu, Ulil Umidi mengatakan, DPD II dan DPD I hanya akan melakukan penjaringan, dan tidak berwenang menentukan siapa yang akan diusung Golkar.

“Di Provinsi dan Kabupaten ini namanya tim penjaringan, tidak ada tim seleksi. Jadi (bakal calon) dijaring di Kabupaten, nanti akan diserahkan ke tim penjaringan Provinsi,” jelas Ulil Umidi, Minggu (03/11/2019).

Ditambahkan Ulil, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar yang akan menentukan bakal calon Bupati-Wakil Bupati yang diusung.

“Tim penjaringan provinsi menetapkan tiga sampai lima nama, untuk dikirim ke tim seleksi. Tim seleksi inilah yang menentukan siapa yang layak, sesuai dengan masukan, yang disampaikan tim penjaringan kabupaten maupun provinsi,” jelas Ulil Umidi.

Adapun partai Golkar merupakan partai yang ‘dilamar’ para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, karena memiliki 4 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma. [IT2006]