Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong– Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari yang bertindak sebagai inspektur upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Rejang Lebong, Minggu (10/11/2019) menyampaikan bahwa pahlawan hari ini adalah orang-orang yang melaksanakan aksi nyata memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pada zaman penjajahan pejuang kita berkorban nyawa untuk kemerdekaan maupun untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah di proklamirkan The Founding Fathers kita Bung Karno, untuk zaman sekarang kita tidak lagi berjuang melawan penjajah namun kita berjuang untuk keutuhan NKRI. Pahlawan Zaman sekarang ini adalah orang-orang yang melaksanakan Aksi aksi yata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainy,” kata Wabup.

Wabup dalam pelaksanan upacara yang diikuti Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Ketua DPRD Rejang Lebong, Dharma Wanita Persatuan (DWP), Veteran Rejang Lebong, TNI, POLRI dan Pelajar di Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, bahwa setiap Hari Pahlawan kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah, melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno, yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar”. Selain itu, Peringatan Hari Pahlawan, Kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini” kata Wabup.[Julkifli Sembiring]