Pedomanbengkulu.com, Seluma – Bunga Rafflesia Arnoldi sudah mekar di dua lokasi di wilayah Kabupaten Seluma. Kedua lokasi yakni di Desa Simpang Kecamatan Seluma Utara, dan Desa Pagar Kecamatan Ulu Talo. Mekarnya Rafflesia juga terdapat di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara,Kaur, dan Kepahiang.

Bunga Rafflesia juga termasuk jenis flora langka, dan statusnya dilindungi kelestariannya. Seksi Wilayah II Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak Bunga Rafflesia.

“Kami harapkan kepada masyarakat yang tinggal disekitar bunga Rafflesia itu tumbuh, dan para pengunjung yang datang, untuk tidak merusak ataupun memindahkan bunga Rafflesia,” jelas Kasi Pemanfaatan Kawasan Konservasi, Kantor Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bengkulu Rustam Erlangga, Minggu (03/11/2019).

Rustam menambahkan, tindakan yang merusak atau memindahkan Bunga Rafflesia dapat diberi sanksi pidana dan denda.

“Bunga Rafflesia itu merupakan tumbuhan yang dilindungi, dan bila (pengrusakan) itu terjadi maka itu melanggar hukum. Itu sanksinya pidana hukum, dan dendanya ratusan juta,” jelas Rustam.

BKSDA juga akan terus melakukan pemantauan, ke lokasi bunga Rafflesia yang tumbuh di kawasan Kabupaten Seluma. [IT2006]