PedomanBengkulu.com, Lebong –
Pemerintah Kabupaten Lebong bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), yang meliputi bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, dan beberapa bidang lainnya.

Penandatanganan itu sendiri langsung oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah S.IP M.Si dengan Rektor UGM Prof. Ir Panut Mulyono, M.Eng. D.Eng. Bertempat di Gedung Pusat UGM Yogyakarta, Kamis (12/12/19)

Tujuan dari nota kesepakatan ini untuk sinergikan program-program bidang SDM Pemkab Lebong dengan UGM, untuk membina dan meningkatkan hubungan kelembagaan, untuk mengoptimalkan pembangunan di Kabupaten Lebong. Dengan memanfaatkan sumber daya kedua belah pihak.

Bupati Lebong H.Rosjonsyah, SIP M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan, banyaknya potensi yang dimiliki Kabupaten Lebong, hingga saat ini pemanfaatannya belum secara optimal. Seperti di Kabupaten Lebong terdapat hutan pinus, bagaimana caranya dari hutan pinus itu bisa menghasilkan PAD dengan membuat wisata di sana, kemudian getahnya OPD terkait bisa bekerjasama dengan pihak UGM.

“Untuk bidang pendidikan, diharapkan dengan adanya MoU ini, anak-anak Kabupaten Lebong bisa kuliah di UGM dengan standar yang berlaku di UGM. Begitu juga, kita membuka ruang, bagi mahasiswa UGM bisa melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Lebong,” sampai Rosjonsyah Kamis sore (12/12/19). Yang juga dalam agenda tersebut didampingi unsur Pemkab Lebong meliputi Sekretaris Daerah Lebong Mustarani Abidin SH M.Si, sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bagian lingkungan Setda Lebong serta sejumlah Camat.

Ditegaskan Rosjonsyah, jalinan kerjasama Pemkab Lebong dengan UGM sangatlah penting, tujuan utamanya untuk mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Lebong. Selanjutnya tindak lanjut dalam bentuk kerjasama tersebut, akan diserahkan kepada OPD teknis sebagaimana tertuang dalam bidang lingkup kerjasama sesuai spesifikasi OPD masing-masing.

“Atas nama Pemkab Lebong, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak UGM. Semoga kerjasama ini dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dan SDM di Kabupaten Lebong,” demikian Rosjonsyah. [Supriyadi]