Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Bakal calon Bupati- Wakil Bupati Seluma yang berencana untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 melalui jalur independen atau perseorangan, sudah bisa mengumpulkan dukungan. Dukungan masyarakat merupakan syarat agar pasangan calon bisa mengikuti kontestasi pilkada.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi, Sabtu (14/12/2019) mengatakan, pengumuman syarat calon perseorangan sudah diumumkan nelalui laman resmi KPU Kabupaten Seluma. Sosialisasi juga akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami sudah umumkan syarat dukungan dan syarat persebaran dukungan, melalui papan pengumuman, situs, dan akun facebook. Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat untuk syarat dukungan” jelas Sarjan Effendi.

Setiap calon yang berencana maju, diminta untuk segera berkoordinasi ke Sekretariat KPU Seluma, untuk registrasi akun silon. Aplikasi silon merupakan cara untuk mengumpulkan dukungan.

“Kepada calon yang hendak mengumpulkan dukungan, kami minta untuk datang ke KPU, supaya bisa diberi akun untuk login ke aplikasi silon. Karena formulir B1 KWK dan B2 KWK itu di print dari aplikasi silon” jelas Sarjan Effendi.

Adapun jumlah dukungan minimal calon independen, adalah sebanyak 10 persen dari Pemilu sebelumnya, yakni berjumlah 13.770. Jumlah persebaran KTP di setiap kecamatan minimal berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten Seluma. Setelah masa pengumpulan dukungan selesai, KPU akan membuka masa penyerahan dukungan.

“Masa penyerahan bukti dukungan calon perseorangan akan dibuka dari tanggal 19 sampai dengan 23 Februari tahun depan” jelas Sarjan Effendi. [IT2006]