Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Untuk meningkatkan Sinergitas antara Kejaksaan Negeri Rejang Lebong sekaligus silaturahmi, Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, Coni Tonggo Masdelima SH MH yang juga baru kurang lebih satu bulan menjabat, melaksanakan kegiatan Coffe Morning dengan wartawan media online, cetak maupun televisi yang bertugas di Rejang Lebong. Acara Coffee Morning yang bertajuk “Bersama Bersinergi Membangun Negeri” tersebut dilaksanakan bertempat di Aula Kejari RL, Jumat (6/12/2019).

“Kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas antara Kejaksaan dengan wartawan dan di kesempatan ini juga saya ingin memlerkenalkan diri dan mau mengenal teman-teman wartawan yang bertugas di Rejang Lebong ini. Selama ini kita sudah sering bertemu di kegiatan-kegiatan Pemda, namun belum sempat bertatap muka secara khusus,” kata Coni.

Coni juga menyampaikan bahwa Kejaksaan Negeri Rejang Lebong butuh bantuan media untuk pengawasan dan sebagai penyambung lidah ke masyarakat, untuk menyampaikan informasih kinerja dan prestasi kejaksaan.

“Tanpa wartawan, kejaksaan bukan apa-apa, begitu juga instansi lainnya di jajaran pemerintah, kami dari kejaksaan juga butuh masukan atas kinerja kami dan juga bantuan rekan-rekan sebagai fasilitator yang membantu kami memberikan laporan tentang terjadinya suatu tindak pidana umum dan korupsi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” ujar Coni.

Nur Muhammad Wartawan LKBN Antara mewakil wartawan, menyampaikan bahwa aktivitas wartawan dan keberadaan wartawan di Rejang Lebong cukup banyak namun tidak semua orang yang mengaku wartawan memiliki produk berupa tulisan dan ia berharap dengan adanya kegiatan CoCoff Morning tersebut, pihak kejaksaan bisa mengetahui siapa siapa saja yang memang benar-benar menjalankan kegiatan jurnalistik.

“Kami dalam menjalankan tugas jurnalistik dibekali dengan identitas pribadi maupun media tempat kami bekerja dan sebelum mengeluarkan produk jurnalistik untuk dipublikasikan kepada masyarakat umum tentunya terlebih dahulu melakukan konfirmasi terhadap narasumber baik sebagi objek maupun subjek pemberitaan. Kami berharap pihak kejaksaan dapat memberikan infomasi informasi kepada wartawan terkait kegiatan yang dilaksanakan baik dalam penaganan masalah hukum maupun kegiatan lainnya dan juga kami siap memberikan informasi kepada kejaksaan kalau ada yang dinilai menjalankan kegiatan jurnalistik namun tidak dibekali kartu Pers,” kata Muhammad.

Pada kesempatan ini juga, setelah Kejari, masing masing Kepala Seksi (Kasi) yang ada di Kejari, sesuai tupoksi bidang masing-masing menyampaikan terkait penanganan kasus yang telah ditangani pada tahun 2019 ini dan tahun sebelumnya maupun kasus yang baru akan ditangani.  [Julkifli Sembiring]