PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Komandan Kodim 0409 Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko bertindak sebagai inspektur upacara gelar pasukan Operasi Lilin Nala tahun 2019 yang digelar di Terminal Simpang Nangka (19/12/2019). Kegiatan Apel pasukan ini untuk persiapan menjelang dilaksanakannya oprasi lilin yang akan mulai digelar tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Dalam arahanya, Dandim menyampaikan Apel Gelar Pasukan yang melibatkan Personel TNI Khususnya Kodim 0409/RL bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2020 di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

“Kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kita juga melaksanakan hal yang sama guna menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam perayaan Natal dan menyambut tahun baru 2020 di wilayah teritorial Kodim 0409/RL. Dalam pelaksanaannya nanti personel Kodim 0409/RL akan memperkuat perbantuan TNI kepada Polri sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap Personel Kodim 0409/RL harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya serta melaksanakan tugas yang sesuai dengan koordinasi plotting tugasnya. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titik kerawanan secara tepat serta optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Laksanakan pengamanan secara profesional dengan meningkatkan kewaspadaan dalam setiap tindakan dengan body system, terus jalin sinergitas TNI Polri serta Instansi lainnya yang terlibat guna menciptakan situasi yang kondusif. Jaga nama baik diri, keluarga dan satuan dalam setiap langkah menjalankan tugas yang mulia ini,” papar Dandim.

Wakil Bupati Rejang Lebong Iqbal Bastari juga menyampaikan bahwa Polri dan TNI sudah dalam puncak performa. Untuk teknis kewilayahan sudah menguasai, tujuan dari kegiatan ini terutama untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat baik dalam menjalankan ibadah maupun kegiatan-kegiatan lainnya

“Kita dari pemerintah daerah memberikan apresisasi kepada Polri dan TNI, saya nilai kegiatan ini lebih konsentrasi untuk pengamanan Natal dan tahun baru,” kata Wabup.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika menyampaikan untuk Operasi Lilin Nala ini diikuti oleh 350 personil gabungan Polri, Brimob, TNI dan elemen yang lain dan dibuat 7 pos yakni 4 pos pelayanan dan 3 pos pengamanan yang tersebar dari perbatasan Kepahiang hingga Lubuk Linggau.

“Untuk kerawanan sendiri yang kita deteksi yakni longsor dan kriminalitas, namun dengan kesiapan yang sudah ada semua permasalahan mudah-mudahan siap diatasi,” singkat Kapolres. [Julkifli Sembiring]