PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemilih rentan menjadi target Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia, untuk mendapat sosialisasi agar tetap bisa menggunakan hak pilih. Pemilih rentan menurut Bawaslu juga terdapat di Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Seluma.

Komisioner Bawaslu RI, Rahmat Bagja(01/12/2019) mengatakan, pemilih rentan adalah pemilih yang sulit untuk melaksanakan pemberian hak suara (pencoblosan), ataupun pemilih yang mudah dipengaruhi.

“Pemilih rentan adalah yang kesulitan melaksanakan pemilihan, seperti teman-teman disabilitas, ataupun mudah dipengaruhi, juga pemilih yang tidak bisa melaksanakan pemilihan seperti masyarakat adat,” jelas Rahmat Bagja.

Rahmat mengatakan, pemilih rentan perlu diberi pendidikan atau sosialisasi, dengan melibatkan organisasi masyarakat.

“Itulah yang kemudian yang harus kita lakukan diskusikan bersama dengan teman-teman ormas, dan juga tokoh pemuda, sehingga kemudian nanti dapat diselesaikan dilapangan,” jelas Rahmat Bagja.

Setiap organisasi masyarakat diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya pemilih pemula, agar tidak golput saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. [IT2006]