PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Masyarakat (Gertam) dan Launching Program Obor Pangan Lestari (Opal) di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan, Selasa (3/12/2019).

Di selah-selah kegiatan launching, Bupati menyerahkan sejumlah bantuan untuk beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Bupati menyerahkan bantuan Rice Miling Unit untuk Gapokta Empat Serangkai Desa Melao Kecamatan Manna serta bantuan untuk 5 Kelompok Wanita Tani untuk program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Masing-masing KWT menerima bantuan sebesar Rp 50 juta.

Bupati juga menyerahkan sertifikat prima 3 keamanan pangan kepada Sahirmin komoditi jambu biji dan Yauhari, warga Desa Padang Siring Kecamatan Seginim untuk komoditi melon.

Dalam arahannya, Bupati mengajak untuk memanfaatkan lahan perkarangan dengan cara menanam buah dan sayuran.

“Di samping untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, harapan kita dengan pemanfaatan lahan perkarangan untuk tanam sayuran, akan bisa mengurangi ketergantungan stok sayuran kita dari luar daerah,” jelas Gusnan.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan, Iskandar, salah satu tujuan kegiatan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini diharapkan dapat juga sejalan dalam program kesehatan, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan sayuran dan buah-buahan serta pencegahan stunting.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful. Yenita berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan agar dapat mendorong seluruh desa di Kabupaten Bengkulu Selatan untuk menggalakkan pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam sayuran dan buah.

“Ayo manfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga,” demikian Yenita. [Apdian Utama/Rilis]