PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Menjelang ditutupnya penjaringan calon Bupati dan Calon wakil Bupati di Partai Kebangkitan Bangsa Rejang Lebong pada tanggal 3 Desember 2019, empat kandidat telah resmi mendaftar yakni 3 calon Bupati yakni M Fikri, Susilawati Suherman dan Abu Bakar serta 1 Orang Calon Wakil Bupati yakni Ruswan YS yang berpasangan dengan Susilawati. Diungkapkan Ketua DPC PKB Rejang Lebong, Sanusi Pane, hingga Senin (2/12/2019), pihaknya telah mengeluarkan 5 buah formulir dan 4 telah dikembalikan.

“Sejauh ini dari lima yang telah mengambil formulir, empat diantaranya telah dikembalikan dan resmi mendaftar. Untuk hari ini (2/12/19) kandidat yang melengkapi berkas yakni Ibu Susliawati Suherman bersama pasanganya Ruswan YS, dan sekitar pukul 16:00 WIB tadi saudara Abu Bakar juga telah resmi mendaftar,” kata Sanusi.

Ditambahkan Sanusi, pihaknya masih menunggu kandidat lain untuk mendaftar ke PKB hingga pukul 16.00 WIB pada hari Selasa (3/12/2019). Sejauh ini lanjut Sanusi masih ada beberapa kandidat yang menyatakan ingin mendaftar ke PKB.

“Secara keseluruhan ada tujuh kandidat yang telah menghubungi kita dan menyatakan mau mendaftar, kita masih menunggu hingga Selasa pagi yang ingin mendaftar. Kalau sudah lewat tanggal 3 Desember maka kita tidak melayani lagi,” kata Sanusi.

Sanusi Juga menyampaikan bahwa seluruh nama-nama kadidat calon bupati maupun calon wakil bupati langsung disampaikan ke DPP PKB.

“Pendaftaran yang kita lakukan secara online, nah yang telah melengkapi berkas maka langsung kita upload ke website penjaringan calon kepala Daerah dan ini langsung terhubung dengan DPP. Setelah proses penjaring ini, kita akan melakukan pendalaman visi misi masing-masing kandidat, namun mekanisme pendalaman ini masih menunggu petunjuk DPP dan DPW apakah nanti langsung dilakukan oleh DPW ataupun dilimpahkan ke DPC,” singkat Sanusi.

Terpisah, bakal calon bupati, Susilawati Suherman ketika dikonfirmasi di Kantor PKB mengatakan sejauh ini Ia bersama pasanganya, Ruswan YS telah mendaftar ke 6 partai politik yakni Nasdem, Hanura, PKS, Perindo, Demokrat dan terakhir PKB.

“Kita berharap partai partai ini dapat mengusung kita untuk maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati untuk pilkada tahun 2020 nantinya,” kata Susilawati.[Julkifli Sembiring]