PedomanBengkulu.com, Lebong – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Bappeda Lebong sukses menjadi tuan rumah agenda rutin Bappeda se-Provinsi Bengkulu atau Forum perencanaan percepatan pembangunan Bengkulu (FP3B). Dimana dalam rapat kerja F3PB ini, menghasilkan kesepakatan dan pandangan bersama terkait langkah-langkah dalam menekan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu melalui sektor pariwisata.

“Alhamdulillah FP3B 2019 sukses dan menghasilkan beberapa poin kesepakatan bersama Bappeda se-Provinsi Bengkulu, yang sama-sama sepakat menekan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu, melalui pembangunan sektor pariwisata sesuai potensi masing-masing daerah,” ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Lebong Eddy Ramlan kepada PedomanBengkulu.com Sabtu sore (7/12/19).

Dikatakan Eddy, acara FP3B merupakan acara rutin Bappeda se-Provinsi Bengkulu. Untuk tahun 2019, pihaknya mengangkat tema di bidang sektor Pariwisata Provinsi Bengkulu. Yakni, pembangunan pariwisata Berbasis Potensi Daerah dalam Perspektif Penanggulangan Kemiskinan.

“Ini tema bersama seluruhnya (Bappeda,red), bagaimana kita mengangkat tema sektor pariwisata ini dalam langkah menanggulangi atau menekan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu. Karena angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu itu tergantung kabupaten dan kota. Kalau di kabupaten dan kota angkanya turun, ya turunlah angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu,” kata Eddy.

Ditambahkan Eddy, dalam agenda FP3B ini seluruh Bappeda diajak menyamakan persepsi yang dituangkan dalam kesepakatan bersama. Bahwa program yang disepakati nantinya supaya singkron dan sinergi dalam program antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Hasil kesepakatan juga akan menjadi rujukan kami dalam menyusun perencanaan percepatan pembangunan di Provinsi Bengkulu,” demikian Eddy.

Untuk diketahui, acara FP3B tahun 2019 yang digelar di Kabupaten Lebong selama dua hari, dimulai Jum’at (6/12/19), rombongan Bappeda se Provinsi Bengkulu diajak menikmati wisata Arung Jeram, dan pada malam harinya penyambutan rombongan oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah. Dalam Pesta selamat datang dan ramah tamah dihalaman Kantor Bappeda Lebong.

Selanjutnya pada hari kedua, Sabtu (7/12/19) acara inti rapat kerja FP3B tahun 2019, dengan mengangkat tema Pembangunan pariwisata Provinsi Bengkulu berbasis potensi daerah, dalam perspektif penanggulangan Kemiskinan. Dalam acara ini, dihadiri Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Bappeda Provinsi Bengkulu, Putut Eko Pramono.

Kemudian menghadirkan tiga narasumber untuk penyampaian materi sesuai tema, meliputi Kepala UPT Penanggulangan Kemiskinan Pemkab Sragen Ninuk Sri Rezeki, Sekretaris Pariwisata Provinsi Bengkulu dan Hasan Basri dari PGE Hulu Lais. [Supriyadi]