PedomanBengkulu.com, Lebong – Bertempat di Aula Setda Lebong Rabu (4/12/19), Polres Lebong mengadakan Forum Group Discusion (FGD) dengan mengangkat tiga isu diantaranya pelaksanaan kegiatan dana desa (DD), sosialisasi undang-undang perlindungan perempuan dan anak (PPA). Serta sosialisasi Pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Acara yang diikuti lebih dari 500 peserta, yang berasal dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Jajaran Polsek Se Kabupaten Lebong.

Acara yang dibuka langsung Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur SIK dihadiri jajaran Perwira Polres Lebong dan Pabung TNI Kodim 0409 RL Mayor Inf. Yon Anison tersebut. Menghadirkan tiga pemateri yakni Kanit II Tipiter Reskrim Polres Lebong Bripka Andi Sujatmiko, Perwakilan Intelejen Kejari Lebong Hendrizal dan Jusmaini selaku Kabid PPA DPPMPPKB Lebong.

Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur SIK mengatakan, bahwa kegiatan yang mereka laksanakan tersebut sebagai tindak lanjut hasil pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo saat apel Kasatwil beberapa waktu lalu.

“Tentang dukungan untuk kemajuan pembangunan didaerah. Dimana setiap daerah harus mengantisipasi kasus dan hal-hal yang menonjol di daerah masing-masing,” sampai Andi Sujarmoko kepada PedomanBengkulu.com Rabu siang (4/12/19).

Lanjut Ichsan, untuk Kabupaten Lebong yang menonjol adalah seperti penyelewengan DD, pihaknya berusaha memberikan pembinaan agar tidak ada kasus DD. Kemudian Kamtibmas, yang mencuat di Lebong adalah kasus asusila bahkan dirinya mengaku baru dua bulan saja, sudah ada 4 kasus asusila dan itu Kasus insert. salah satu isu nasional soal Karhutla. Agar kedepannya dapat saling bersinergi untuk mencegah tidak ada kejadian Karhutla.

“Harapannya adalah terhadap isu-isu yang memang menonjol dan strategis di Kabupaten Lebong, seperti pemanfaatan anggaran dana desa betul-betul tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan. Kemudian kasus asusila betul-betul bisa dicegah tidak ada lagi kasus insert. Kemudian juga bisa mencegah karhutla, kalau bisa tahun 2020 zero Karhutla,” demikian Ichsan. [Supriyadi]