Hj Riri Damayanti John Latief saat berbicara dihadapan millenial Bengkulu, beberapa waktu yang lalu.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Besok, 1 Januari, bakal menjadi momentum bagi seluruh warga dunia melakukan evaluasi dan mengatur semua rencana-rencana baik yang akan dilakukan pada tahun 2020. Tak terkecuali bagi Senator Muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief.

Anggota Komite II DPD RI itu berharap, seluruh warga Indonesia, khususnya yang berada di daerah yang telah memberikannya amanah mendapatkan keadaan hidup yang lebih baik di tahun 2020.

“Harapan saya di 2020 pelayanan publik semakin baik, kesejahteraan masyarakat meningkat, infrastruktur semakin bagus, tidak ada lagi korupsi, seluruh pimpinan daerah bisa harmonis, kemiskinan dan pengangguran berkurang, serta semua harapan baik dari warga masyarakat dapat terwujud,” kata Riri Damayanti kepada media, Selasa (31/12/2019).

Untuk mewujudkan hal tersebut, buah hati John Latief dan Leni Haryati ini menjelaskan, ia akan meningkatkan peran dan fungsinya selaku Senator di DPD RI, terutama dalam hal pengawasan, pemberian rekomendasi kepada aparatur pemerintah pusat dan daerah serta rancangan regulasi yang berpihak kepada rakyat.

“Jangan sampai ada lagi anggaran yang dikeluarkan tidak memberikan hasil yang bermanfaat untuk rakyat, jangan lagi ada kinerja yang keliru, jangan lagi ada rekrutmen pegawai yang tidak sesuai kebutuhan. Mudah-mudahan di 2020 kelak semua bisa kompak untuk meningkatkan budaya inovasi dan kreatifitas dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tegas Riri Damayanti.

Secara khusus, jebolan Universitas Indonesia ini berharap kepada Pemerintah Daerah dapat lebih serius memperhatikan kualitas birokrasi agar dapat mewujudkan sumber daya manusia yang profesional, kompeten dan berintegritas.

“Berikan penghargaan yang besar kepada mereka yang sungguh-sungguh melayani dan hukuman yang berat kepada mereka yang melanggar aturan. Sebab dengan bertambahnya tahun, tuntutan masyarakat pasti bertambah besar, teknologi semakin maju. Pemerintah Daerah harus bisa merespon semua kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien,” jelas Riri Damayanti.

Khusus untuk peringatan malam tahun baru, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengingatkan agar generasi muda tidak mengisinya dengan hal-hal negatif.

“Kalau tidak bisa dengan kegiatan positif, minimal tidak perlu ikut hura-hura. Atau kita jadikan sebagai malam renungan untuk menilai apa yang sudah kita lakukan selama setahun terakhir dan menyusun apa rencana-rencana ke depan. Kita tidak perlu latah ikut budaya barat karena memang tidak cocok dengan kebudayaan kita,” demikian Riri Damayanti. [Medi Muamar]