Tampak beberapa ekor kambing sedang berkeliaran di sekitar komplek gedung Sekretariat Daerah (Pemda) Kabupaten Seluma

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Hewan ternak kambing yang sedianya ditempatkan di kandang khusus, justru terlihat di tempat yang tak biasanya. Kambing terlihat berkeliaran di sekitar komplek gedung Sekretariat Daerah (Pemda) Kabupaten Seluma. Dari pantauan hewan tersebut tampak berkeliaran pada Rabu (18/12/2019) kemarin.

Padahal didalam peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2018 kabupaten Seluma, Satpol PP bisa mengamankan hewan ternak yang berkeliaran di tempat yang tidak semestinya.

Kabid Penegak Perda Satpol PP Kabupaten Seluma, Saiful Pahran mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban terhadap hewan ternak yang berkeliaran dan tidak dikandang, termasuk yang berkeliaran di sekitar gedung Pemda Seluma.

“Kami akan lakukan penertiban sesuai perda yang ada. Bukan (tidak menertibkan) tapi karena pelaksanaan perda baru selesai tahun ini, mungkin actionnya ini tahun 2020, tetapi kalau memang (hewan ternak berkeliaran) tetap kita laksanakan (penertiban),” jelas Saiful.

Sementara itu dalam penertiban hewan ternak yang berkeliaran, Satpol PP mengaku juga kekurangan anggaran di tahun 2019 ini. Pada tahun 2020 mendatang, petugas akan menggigatkan penertiban ternak karena anggaran sudah disetujui. [IT2006]