Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, H. Tasri MA

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Jajaran Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu menyatakan siap mendukung program ‘Bengkulu Kota Hadist’ yang dicanangkan oleh Helmi Hasan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, H. Tasri MA saat ditemui PedomanBengkulu.com diruang kerjanya, Rabu (4/11).

“Kami siap bersinergi dan mendukung penuh program Bengkulu Kota Hadist,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan atas program ini lanjut Tasri, kami akan memerintahkan penyuluh agama untuk ambil peran dalam mengajarkan hadist kepada masyarakat Kota Bengkulu. Tidak hanya itu, dari sisi pendidikan Kemenag Kota Bengkulu akan meminta para guru di madrasah mengajarkan hadist kepada para peserta didiknya.

“Program Bengkulu Kota Hadist ini sangat bagus, sebab Islam sendiri senantiasa menganjurkan untuk menegakan amar mak’ruf nahi munkar,” tegasnya.

Baca:Menuju Kota Hadits, Wali Kota Ajak Warga Saling Ajarkan Hadits

Dikesempatan yang sama saat disinggung perihal surat edaran larangan bercerai bagi ASN dilingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, gagasan Walikota Bengkulu itu kembali mendapatkan dukungan dari Kemenag Kota Bengkulu.

Ia menyebutkan, Kemenag Kota Bengkulu akan lebih masif melakukan bimbingan pra nikah melalui seksi bimas Islam dalam rangka turut serta meminimalisir angka perceraian.

Menurutnya, ada empat pilar yang akan disampaikan pada bimbingan tersebut. Pertama, suami-istri bukan patron klien melainkan pasangan yang menjalin hubungan atas dasar cinta kasih, bukan kekuasaan. Kedua, pernikahan adalah janji yang kokoh antara laki-laki dan perempuan dan tidak boleh mempermainkan perkawinan.

Ketiga, suami dan istri memperlakukan pasangannya secara bermartabat. Terakhir, suami dan istri menyelesaikan masalah rumah tangga secara musyawarah atas dasar saling ridha.[Nurhas]