PedomanBengkulu.com, Bengkulu Kota – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memperoleh predikat informatif pada pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Badan Publik se-Provinsi Bengkulu tahun 2019. Predikat informatif adalah penilaian tertinggi yang diberikan kepada Badan Publik se-Provinsi dalam pelaksanaan pelayanan informasi publik.

Penghargaan dalam bentuk sertifikat ini diserahkan Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah kepada Plt Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Bengkulu Eko Agusrianto di Balai Raya Semarak, Jumat (20/12/2019).

Plt Kadis Kominfosan Eko Agusrianto menyampaikan, Alhamdulillah, Pemkot Bengkulu menjadi salah satu Pemerintah Kota yang menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Kualifikasi Informatif 2019. Komitmen Pemkot akan keterbukaan informasi juga telah melampaui kewajiban atau arahan UU KIP itu sendiri.

“Penghargaan ini merupakan wujud dari komitmen Pemkot Bengkulu untuk menyelenggarakan pengelolaan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” katanya.

“Penghargaan ini tentu tidak lepas dari komitmen Pemkot Bengkulu dan seluruh pejabat di lingkungan Kota Bengkulu. Selain itu, ada pula andil koordinasi layanan informasi publik oleh perangkat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Kota Bengkulu dan inovasi layanan informasi publik yang terus dikembangkan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, keterbukaan informasi harus dijadikan sebagai budaya dalam proses pelaksanaan pelayanan informasi kepada publik.

“Penerapan budaya keterbukaan informasi publik yang baik itu sangat penting bagi setiap badan publik atau pemerintahan terutama dalam aspek pengawasan,” ujarnya.

“Jika pimpinan badan publik sudah menjadikan pelaksanaan keterbukaan informasi publik sebagai budaya maka otomatis mindset-nya selalu berupaya memberikan pelayanan informasi terbaik kepada publik,” sampainya.

Ia juga menyampaikan, dalam proses memperoleh anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif, Pemkot Bengkulu telah melalui beberapa tahap kualifikasi.

“Seperti, mengikuti tahapan pengisian Self Assesment Quisionare (SAQ), dan juga melakukan presentasi di hadapan Tim Penilai,” pungkasnya. [Soprian/rilis]