Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum Rejang Lebong menyerahkan arsip pelaksanaan pemilu 2019 ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk diarsipkan. Diungkapkan Ketua KPU Restu Wibowo, dengan diserahkannya arsip Pemilu 2019 ke Dinas Perpusda tersebut diharapkan semua pihak yang membutuhkan informasi atau kepentingan dengan KPU dapat juga mengaksesnya ke dinas tersebut.

“Dokumen Pemilu Tahun 2019 yang kita serahkan, ini rekap proses pencalonan bakal calon anggota DPRD Rejang Lebong hingga penetapan DCS. Daftar calon tetap DPRD  Rejang Lebong. Tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan umum anggota DPRD tahun 2019 kabupaten Rejang Lebong. Rekapitulasi jumlah perolehan kursi partai politik pemilihan umum anggota DPRD kabupaten/kota tahun 2019 dan daftar calon terpilih anggota DPRD Rejang Lebong pemilihan umum tahun 2019,” kata Restu, Selasa (4/12/2019).

Restu juga menyampaikan bahwa pengelolaan dokumen pemilu 2019 menjadi penting bagi KPU Rejang Lebong karena KPU Rejang Lebong langsung akan memasuki tahapan Pilkada 2020.

“Setiap subag di KPU ini tentunya mempunyai dokumen Pemilu yang perlu didokumentasikan sebagai bagian dari merawat sejarah Pemilu 2019. Dan ini juga menjadi acuan kita untuk pelaksanaan pemilukada tahun 2020,” kata Restu.

Ditambahkan Restu, dalam kegiatan penyerahan arsip tersebut juga dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi dengan instansi lainya sepwrti kejaksaan, polres, kodim, dinas dukcapil dan Bawaslu RL.

“Ini sebagai bentuk koordinasi kita dengan lembaga terkait membahas tentang dokumentasi dan arsip pileg 2019,” singkat Restu. [Julkifli Sembiring]