PedomanBengkulu.com, Lebong – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong di penghujung tahun ini, akan menggelar event Lovebird Festival berskala nasional.

Dalam kegiatan ini Diskominfo SP Lebong menggandeng komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Koordinator Wilayah (Korwil) Bengkulu. Event ini akan digelar pada 22 Desember 2019, bertempat di halaman Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Lebong di kawasan Objek wisata Danau Picung Kabupaten Lebong.

Dalam event Lebong Lovebird Festival ini ada dua kategori, pertama singing contes dan Beauty Contes. Untuk Singing Contes atau burung berkicau itu sendiri dibagi dengan 22 kelas perlombaan dengan hadiah total Rp.10 juta rupiah. Selanjutnya untuk kategori Beauty Contes, ini dikhususkam untuk jenis burung Lovebird dengan 5 kelas perlombaan. Seperti kelas Ring KLI, kelas Fischeri, kelas Personatus, kelas Exhibition dan kelas Junior.

Sementara itu, dalam event Lebong Lovebird Festival ini juga disediakan doorprice hadiah utama 1 unit motor Honda Beat. Kemudian hadiah menarik lainnya seperti barang-barang elektronik, hingga perlengkapan kicau mania. Berupa pakan dan minuman burung maupun sangkar burung berbagai merek.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo-SP, Donni Swabuana ST MSi mengatakan, event atau perlombaan burung ini memang masuk dalam kalender event 2019. Agenda ini salah satu usaha pihaknya menyampaikan secara luas dalam mempromosikan Kabupaten Lebong.

“Lebong Lovebird Festival memang masuk agenda kita untuk memperkenalkan daerah, setidaknya dengan adanya event-event ini untuk meningkatkan kunjungan ke Kabupaten Lebong,” ungkap Doni kepada PedomanBengkulu.com Minggu sore (15/12/19).

Dikatakan Doni, kepada seluruh kicau mania dimana pun berada, pihaknya mengundang untuk datang ke Kabupaten Lebong, selain memeriahkan event Lebong Lovebird Festival juga bisa mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong.

Apalagi, lanjut Doni, berdasarkan laporan dari panitia pelaksana, peserta yang bakal hadir bukan hanya para kicau mania yang ada di dalam Provinsi Bengkulu ini saja. Tetapi kicau mania dari luar Provinsi Bengkulu juga sudah melakukan registrasi untuk mengikuti Lebong Lovebird Festival. Seperti peserta dari Provinsi Sumsel, Sumut dan Sumbar. Bahkan sudah ada konfirmasi peserta dari pulau Jawa.

“Selain silaturahmi keluarga kicau mania, tidak menutup kemungkinan kegiatan yang sama kembali akan kita laksanakan di tahun depan,”demikian Doni. [Supriyadi]