PedomanBengkulu.com, Seluma – Bangunan rumah ibadah milik pribadi maupun umum umat hindu, yakni pura, banyak terdapat di Desa Tawang Rejo, Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Hampir disetiap rumah warga yang berasal dari Bali di desa tersebut, memiliki pura.

Bangunan pura yang banyak terdapat patung dan ornamen khas Bali tersebut, bentuknya sangat indah dan kerap dikunjungi masyarakat. Wisatawan lokal maupun luar Kabupaten Seluma yang hendak menuju pantai kungkai baru, kerap mampir ke Pura milik warga untuk berfoto.

“Banyak yang sering kesini mau berfoto, hampir setiap hari kalau ada yang lewat pasti mampir untuk foto foto, kami persilakan dan tidak dipungut biaya,” jelas Ketut, Minggu (1/12/2019), warga Desa Tawang Rejo yang sudah menetap sejak tahun 1992.

Ditambahkan Ketut, Kunjungan ke Pura warga ataupun Pura umum, akan lebih meningkat dihari libur.

“Kalau lagi lagi hari minggu atau pas lagi libur lebaran itu ramai yang datang kesini,” tambah Ketut.

Adapun di Desa Tawang Rejo sendiri terdapat sedikitnya puluhan warga asal Bali. Mereka hidup berdampingan dengan warga beretnis Jawa ataupun Serawai di Desa. Mayoritas warga bekerja sebagai petani, khususnya kelapa sawit.

“Ya kalau dibilang enak, enak tinggal disini, kami juga sudah lama, dari orang tua sampai punya anak disini,” jelas Ketut. [IT2006]