PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu saat ini sedang merampungkan pembangunan Pasar Barukoto. Dianggarkan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 sebesar Rp1,3 miliar, saat ini pembangunan masuk tahap finishing.

“Seluruh unit kios, auning dan los para pedagang telah diremajakan, sehingga sekarang sudah lebih tertata dan layak dari sebelumnya, untuk lantai atas nantinya akan kita jadikan pusat kuliner,” ujar Bambang Irawan selaku Kasi Sarana Perdagangan Disperindag Kota Bengkulu, Senin (9/12/2019).

Diungkapkan Bambang, Pasar Barukoto lokasinya sangat strategis, berada di tengah-tengah kawasan objek wisata seperti Benteng Marlborough, Pantai Jakat, Kampung Cina, Tapak Paderi dan Tugu Thomas Part sehingga kawasan tersebut menjadi salah satu pusat kunjungan wisata.

“Dengan dijadikannya lantai atas sebagai pusat kuliner, tentu akan menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke dalam pasar tersebut,” sambung Bambang.

Untuk peresmian atau launching diperkirakan akan dilakukan pada awal tahun 2020 mendatang.

“Estimasi launching diperkirakan awal tahun 2020, untuk pengembangan bangunan yang telah ada, sudah kita masukkan di anggaran tahun 2020,” tutup Bambang Irwan. [Soprian]