Pedoman Bengkulu.com, Kaur – Dalam sosialisasi Hukum di wilayah hukum Kaur yang kali ini di desa Padang Binjay kecamatan Tetap Kabupaten Kaur, Senin (16/12/2019), Kasatreskrim polres Kaur Iptu. Ahmad Khairuman kembali menjadi narasumber.

Seperti sosialisasi di beberapa desa lainnya, desa tersebut juga mengambil tema sama yakni “Meningkatkan Kemampuan Masyarakat Dalam Menyelesaikan Sengketa Hukum Secara Mandiri Tanpa Melalui Jalur Pengadilan”.

“Terkait meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyelesaikan sengketa hukum di luar jalur pengadilan, dengan tegas saya katakan, kecuali persoalan pelanggaran anak di bawah umur, sebab masalah pelanggaran anak di bawah umur itu tidak boleh. Maka jika di temukan pelanggaran terhadap anak di bawah umur, misalnya pencabulan, harus di laporkan ke pihak berwajib,” tegas Ahmad .

“Terkait dana desa selagi itu penggunaannya dapat di pertanggung jawabkan, silahkan gunakan anggaran dana desa tersebut, karena anggaran tersebut diperuntukan untuk kepentingan masyarakat,” tambah nya.

Sosialisasi yang diikuti begitu antusias oleh masyarakat itu juga menghadirkan narasumber dari Kejaksaan serta pihak Inspektorat Kabupaten Kaur yang masing-masing menyampaikan materi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Selain dari kepala desa serta perangkat, hadir juga Bendahara Desa dan seluruh Anggota BPD Desa Padang Binjay. [Sirat]