Dua pekan menjelang tutup tahun 2019, jumlah pembaca halaman situs atau pageviews Pedoman Bengkulu menunjukkan tren peningkatan positif.

Bila sepanjang tahun 2018, jumlahnya sebanyak 3.118.550 pageviews, maka sepanjang tahun 2019 ini, atau sejak 1 Januari hingga 21 Desember 2019, jumlahnya telah mencapai 3.935.469 pageviews.

Dari jumlah tersebut, berita pembunuhan mendominasi.

Halaman dengan pengunjung terbanyak adalah Suami Serahkan Diri Usai Bunuh Istri dengan 34.561 pageviews.

Berita pembunuhan lainnya juga mendapatkan banyak perhatian pembaca seperti Pembunuhan Satu Keluarga, Motif Sakit Hati dengan 22.270 pageviews.

Sama dengan tahun lalu, berita Bidan Desa Dibacok Tiga Kali mendapat banyak perhatian dengan 50.274 pageviews.

Tingginya pageviews pembunuhan ini menunjukkan bahwa perkara ini memang perkara serius yang membutuhkan solusi segera agar pada tahun mendatang hal yang sama tidak terjadi kembali dan citra Bengkulu sebagai wilayah aman dapat dipulihkan.

Mengenai solusi atas masalah ini, redaksi Pedoman Bengkulu telah menuliskan Tajuk “Ancaman Laten Pembunuhan” dan “Keluarga Tanpa Agama“.

Di balik duka tersebut, terselip asa yang tak terduga. Artikel mengenai Kebangkitan Nasional Tahun 1908 menempati posisi kedua setelah berita pembunuhan dengan 31.486 pageviews.

Minat yang tumbuh terhadap sejarah ini juga berlaku terhadap artikel Sejarah Suku Minang di Sumatera dengan 16.507 pageviews.

Selanjutnya, pembaca berita Pedoman Bengkulu mengikuti tren umum informasi yang dicari khalayak seperti Pemkab Seluma Resmi Buka Rekrutmen CPNS 2019, Berikut Rinciannya dengan 23.603 pageviews.

Berita kecelakaan Inova dan Avanza Adu Kambing, Lalu Lintas Macet dengan 19.757 pageviews dan Banjir Bengkulu Menelan Korban Jiwa dengan 18.177 pageviews.

Semua data-data ini sangat berharga bagi redaksi Pedoman Bengkulu untuk kembali mengembangkan isi pemberitaannya agar kian mendapatkan tempat istimewa di hati para pembaca.

Bahkan, guna menunjang pemberitaan yang lebih berimbang dan kreatif, redaksi telah mengembangkan Pedoman Bengkulu Televisi (PBTv).

Yang cukup mengejutkan, salah satu video yang diterbitkan di Fanpage Facebook Pedoman Bengkulu dengan tema Kajari OTT Suami Istri Oknum LSM yang terbit pada 30 Juli 2019 hingga 20 Desember 2019 jangkauannya mencapai 7.704.027 orang, 22.209 tanggapan, 2.774 komentar, 11.573 berbagi dan 1.593.517 total klik.

Dengan semua angka-angka tersebut, seluruh kru Pedoman Bengkulu mengucapkan rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala serta terima kasih yang sebesar-besarnya seluruh pembaca.

Tanpa pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala dan partisipasi pembaca, Pedoman Bengkulu tidak akan mampu menjadi salah satu media siber yang menempati posisi teratas diantara ratusan media siber yang saat ini di Bengkulu tumbuh bak jamur di musim hujan.

Yang lebih penting dari semua itu, redaksi masih sangat merindukan kritik dan saran agar media siber dengan tagline “Cahaya Perubahan” ini dapat melangkah semakin maju, menawarkan solusi-solusi perbaikan atas setiap permasalahan yang terjadi di Bengkulu, syukur-syukur solusi yang sama bisa dipakai untuk kebaikan Indonesia.