PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Marjon bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) melakukan sosialisasi dan diseminasi Kebijakan dan strategi pengendalian penduduk dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat, melalui peran serta Pokja Akselerasi/lintas sektor dikampung KB Kota Bengkulu Tahun 2019 pada Senin (02/12/2019) di Hotel Raffles city.

Kepala DP3AP2KB Kota Bengkulu H. Romadan Indosman, SH, MH, mengatakan, bagaimana kaum perempuan memiliki peran strategis dalam pembangunan dan berbuat langkah nyata melakukan aktivitas bersama ditengah masyarakat.

“Dimulai dari hal yang kecil dan sederhana tapi manfaatnya banyak, cara yang dilakukan dengan pembinaan teknis mulai dari pengolahan kota bersih, kota sehat dan pembinaan balita dan lainnya,” Kata Romadan.

Sosialisasi ini nantinya, sambung Romadan, dapat mengkoordinir secara maksimal berkaitan meningkatkan komitmen Pemerintah Kota untuk melaksanakan upaya-upaya penyelesaian pengendalian, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta keluarga yang berencana.

Hal senada juga yang di sampaikan Sekda Marjon, bahwa Kampung KB adalah kampung terpaduan proram kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

“Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” tegasnya.

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan. [Soprian]