PedomanBengkulu.com, Lebong – Sekitar Pukul 17.00 WIB Bertempat di Aula Setda Lebong Senin (23/12/19). Sebanyak 230 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meliputi eselon II, III, IV dan jabatan fungsional dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong, ikut dalam gerbong mutasi jabatan. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin Sekretaris Daerah  (Sekda) Lebong Mustarani Abidin SH M.Si. dihadiri Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur SIK, Asisten I Setda Lebong Sumiati dan sejumlah kepala OPD.

Menariknya, dalam mutasi kali ini sejumlah ASN banyak bertukar posisi dan tidak sedikit jabatan eselon promosi dan juga bergeser menjadi pejabat fungsional. Begitu juga, sejumlah jabatan Camat dan sekretaris dinas diisi wajah-wajah baru. Misalkan untuk eselon II, staf ahli Bupati Hosen Basri dilantik dan dipercaya menjabat Kepala BKPSDM Lebong. Sedangkan Guntur dilantik menjadi Kepala Disdikbud Lebong. Kemudian Taufik Andari bergeser menjadi staf ahli Bupati.

Selanjutnya kepala Bappeda Lebong Eddy Ramlan dilantik menjadi Kadis Parpora, sedangkan Robert Mantovani dilantik menjadi Sekretaris Bappeda Lebong sedangkan Yumiriani sebagai pelaksana Disparpora. Selanjutnya, Frans J Simanjuntak sebelumnya Kadis Parpora menjadi Staf Ahli Bupati. Terus, ada nama Supriono yang sebelumnya menjabat Sekwan DPRD Lebong digeser menjadi pelaksana Bagian Hukum Setda Lebong. Disusul Kepala Disnakertrans Bambang R Teguh juga tergeser menjadi pelaksana PMD Sos.

Selanjutnya Joni Franwinata sebelumnya menjadi Kabag Administrasi Pembangunan Setda Lebong diangkat menjadi Sekretaris DPUPRP Lebong. Sedangkan posisi yang ditinggalkannya ditempati Syarifuddin.

Sedangkan Jabatan Kabag  Pengadaan Barang dan Jasa ditempati Heri Setiawan yang sebelumnya Kabid Tata Ruang DPUPRP Lebong. Jon Hendi menjabat Kabag Umum Setda Lebong.

Sekretaris DKP Lebong Indra Gunawan dilantik menjadi Kabag hukum dan persidangan Setwan DPRD Lebong. Bertukar tempat dengan Heni Haryani yang menempati jabatan Sekretaris DKP Lebong. Selanjutnya Benny Kodratullah dilantik menjadi kabag Penganggaran dan Pengawasan Setwan DPRD Lebong, menggantikan Jhon Ansori yang menjadi pelaksana Bagian Hukum dan HAM Setda Lebong.

Kemudian jabatan Direktur RSUD sekarang defenitif dipegang Dr. Ari Afriawan, yang sebelumnya Kasubid Analisa sekaligus PLT Direktur RSUD. Dan sejumlah nama lainnya menempati posisi baru baik kepala UPTD maupun jabatan eselon IV Lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Lebong Mustarani Abidin menyampaikan bahwa mutasi kali ini merupakan bentuk penilaian, penyesuaian dan juga ada beberapa rekomendasi dari aparat hukum sampai rekomendasi KPK untuk struktural organisasi yang baik.

“Selanjutnya ada juga beberapa jabatan dipegang ASN yang belum Strata 1. Untuk itu bagi ASN yang belum Strata 1, dipersilakan kuliah lagi dan kemungkinan akan dilantik kembali,” singkat Mustarani.[Supriyadi]