PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu sudah menyiapkan rekayasa pengamanan arus lalulintas pada malam tahun baru 2020 di Kota Bengkulu. Satlantas akan menerapkan satu arah dari Simpang Pariwisata sampai dengan belakang Bengkulu Indah Mall (BIM) Kota Bengkulu hingga ke Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, Dekranasda, Pantai Berkas, Tugu Pena sampai dengan Pantai Jakat dan Sungai Hitam.

“Untuk jalur utama protokol tetap seperti biasa kita terfokus kepada jalur pantai dan beberapa titik seperti di Masjid Baitul Izza dan jalur Masjid At-Takwa,” kata Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak melalui Kasat Lantas AKP Agis Arya di Mapolres Bengkulu, Senin (30/12/2019).

Agis Arya menjelaskan, untuk jalur Simpang Dekranasda akan ditutup dan dialihkan keatas simpang Hotel Horizon.

“Intinya kita akan berlakukan satu arus. Ini akan kita berlakukan sore, namun untuk personil sudah kita insert dari pagi di ploting pada titik jalan tersebut. Kita akan lihat situasi, apabila nanti ada kepadatan biasanya menjelang pergantian tahun pada malam hari, atau nanti ada waktu senggang sepi di jalur tersebut kita akan buka lagi untuk mengantisipasi macet di jalur protokol kita tetap utamakan jalur protokol dapat dilalui seperti biasa,” ungkap Agis Arya.

Agis Arya menyatakan, dengan adanya Polres Bengkulu Tengah pihaknya sangat terbantu dan pihaknya telah berkordinasi dengan Satlantas Polres Bengkulu Tengah dan perintah dari Dirlantas Polda Bengkulu untuk Polres penyangga Kota Bengkulu seperti Bengkulu Tengah dan Seluma sudah melaksanakan razia.

“Sudah dilaksanakan razia kemarin utamanya mobil bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang yang masuk ke Kota Bengkulu sehingga jika ditemukan kita langsung melakukan penindakan,” terang Agis Arya.

Agis Arya menghimbau kepada masyarakat Kota Bengkulu untuk tetap tertib dalam lalulintas, jangan mengangkut penumpang dengan mobil bak terbuka.

“Gunakan helm SNI, jangan berbonceng tiga atau melawan arus, yang pastinya taati peraturan, lengkapi perlengkapan dalam berkendara untuk keselamatan bersama,” jelas Agis Arya. [Anto]