PedomanBemgkulu.com, Kaur – Kembali, pihak kepolisian resort Kaur terlibat dalam sosialisasi hukum di Desa-desa wilayah kabupaten Kaur seperti pada Senin (2/12/2019), yang di Wakili oleh Kasatreskrim Iptu. Ahmad Khairuman.

Dalam arahannya Ahmad di dua Desa Kecamatan Kelam tengah yaitu Desa Sukarami dan Desa Pagar Dewa, syarat utama di suatu desa tidak terjadi kisruh atau masalah adalah kepala desa dengan ketua BPD kompak, begitu juga dengan tokoh-tokoh masyarakat.

“Dalam penggunaan DD harus sesuai dengan hasil musyawarah dan skala prioritas. Selain dari pada itu, kades dengan BPD harus kompak supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan,” jelas Ahmad saat berada di Desa Sukarami, Senin (2/12/2019).

Ahmad menegaskan, terkait SKB 3 Menteri karena acuan pokok dari pada pelaksanaan DD adalah SKB tiga menteri tersebut.

“Dana negara boleh dimanfaatkan asal dapat di pertanggungjawabkan terutama tepat guna dan tepat sasaran sementara yang tidak boleh itu DD di cairkan tapi nihil kegiatan,” tambah Ahmad.

Ahmad berharap agar kepala desa serta pihak terkait tidak ragu berkoordinasi dengan pihak yang paham hukum baik itu dengan pihak kepolisian ataupun dengan kejaksaan demi terlaksana kegiatan sesuai dengan yang diharapkan, tidak berbenturan dengan masalah hukum.

Akhir penyampaiannya Ahmad menegaskan terkait perlindungan anak dan perempuan.

“Saya berpesan kepada bapak ibu sekalian jangan sampai tersangkut masalah perlindungan anak di bawah umur karena terkait hal ini tidak ada damai dan ancaman hukumannya pun tidak main-main yaitu di atas 15 tahun penjara,” jelas Ahmad.

Diketahui tema sosialisasi kali ini adalah meningkatkan kemampuan masyarakat dan desa dalam hal menyelesaikan sengketa hukum secara mandiri tanpa melalui jalur pengadilan. [Sirat]