Tampak Tim Bawaslu Lebong saat mengecek kesiapan komputer dan jaringan internet di SMAN 5 Lebong

PedomanBengkulu.com, Lebong – Menjelang Pilkada serentak 2020, sejumlah persiapan pengawasan sudah dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Kabupaten Lebong. Bahkan, pasca pendaftaran pendaftaran dan penerimaan berkas persyaratan administrasi calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan tingkat Kecamatan (Panwascam) yang akan ditugaskan di Pilkada nanti.

Untuk pengumuman seleksi administrasi calon Panwascam akan diumumkan pada Selasa (10/12/19) sekaligus penjadwalan tes online dan wawancara akan digelar secara terpadu pada 13 – 17 Desember 2019.

“Bagi yang lulus administrasi, maka dijadwalkan mengikuti tes tertulis secara online dan wawancara dalam satu hari sesuai jadwal masing-masing peserta selama 5 hari dimulai Jum’at (13/12/19 hingga Selasa (17/12/19),” ungkap Ketua Bawaslu Lebong Jefrianto SP kepada PedomanBengkulu.com Senin siang (9/12/19).

Dijelaskan Jefrianto, untuk tes tertulis memang menggunakan sistem online Computer Assisted Test (CAT) Socrative. Sedangkan tes wawancara, lebih kepada tentang kinerja dan aturan pengawasan kepemiluan.

“Tes tertulis pergelombang. Dimana setiap gelombangnya dibagi 40 orang dengan waktu 1,5 jam pergelombang. Kemudian bagi yang sudah mengikuti tes tertulis, akan langsung mengikuti tes wawancara,” bebernya.

Untuk lokasi tes tertulis dan wawancara, lanjut Jefrianto, bertempat di SMAN 5 Lebong. Selain kesiapan jaringan internet dan ketersediaan komputer. Sekolah tersebut juga untuk lokasi parkir cukup luas dan dipastikan tidak menggangu jalan raya.

“Kita sudah survey lokasi dan jaringan internet di SMAN 5 Lebong cukup mendukung, makanya kita tetapkan lokasi tes tertulis dan wawancara disekolah tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini Tim Pokja Perekrutan Panwascam masih melaksanakan verifikasi administrasi, terhadap 243 berkas pelamar calon Panwascam. Dari jumlah tersebut, angka pelamar laki-laki mencapai 177 orang dan perempuan hanya sebanyak 66 orang.

Sedangkan kebutuhan Panitia Adhock Panwascam hanya 36 orang. Dengan masing-masing tiga orang akan ditempatkan di 12 kecamatan. Untuk bertugas mengawasi jalannya tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Lebong. [Supriyadi]