Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Bengkulu, melalui Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bengkulu, Rabu (4/12) pagi, mengukuhkan Tim Pengawas Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong, di Ruang Pola Setdakab Rejang Lebong.

Pengukuhan TIMPORA dilakukan oleh Wakil Bupati Rejang Lebong, H. Iqbal Bastari, S. Pd, MM, didampingi  Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu Samsul Rizal didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Bengkulu  M. Adnan, S.H., M.H. Tim Pora kecamatan ini terdiri dari Komandan koramil, Kapolsek, camat, dan kepala KUA masing masing kecamatan.

Diungkapkan, Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu Samsul Rizal, Pengukuhan Tim Pora di Rejang Lebong merupakan yang ke 3 se provinsi Bengkulu setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Selatan.

Tugas tim pora ini bisa melakukan tugas pengawasan sesuai dengan fungsinya masing masing, seperti KUA bisa melakukan pengawasan pada saat WNA melakukan pencatatan pernikaahan, untuk camat pengawasan pada saat pencatatan kependudukan, sedangkan untuk polsek pengawasanya Lebih umum karena merwka ini memiliki tugas penyidikan lebih umum kata samsul Rizal.

Ditambahkan Samsul Rizal, Untuk wilayah Rejang Lebong sendiri tercatat ada 11 WNA yakni 1 perkawinan campuran dan 10 orang WNA Amerika yang bekerja sebagai pengelola Tour Travel.

“Nah tugas kita yakni mengawasi lalulintas warga negara asing dan untuk rejang lebong ini sendiri cukup tinggi dibandingkan wilayah lainya. Untuk WNA amerika yang ada di eejang lebong ini memegang Izin Tinggal terbatas (Itas) dan mereka ini sudah berada di Rejang Lebong lebih dari 3 tahun,” kata Samsul Rizal.

Usai pengukuhan terhadap 70 tim Pora kecamatan selanjutnya  dilakukan penyematan rompi TIMPORA oleh Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari, kepada perwakilan anggota TIMPORA tingkat Kecamatan dan diikuti oleh peserta lainnya. [Julkifli Sembiring]