PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Selasa (21/01/2020), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan kunjungan ke Kota Bengkulu yang bertujuan untuk meninjau progres perencanaan pembangunan dan penataan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bengkulu yang akan dibangun.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Dr. Diah Natalisa, MBA saat melakukan kunjungan serta presentasi pemaparan apa itu MPP di Balai Kota Bengkulu.

“MPP ini merupakan terobosan pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik untuk masyarakat. Layanan terpadu sebelum adanya MPP dikenal dengan nama Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) yang kemudian berubah lagi menjadi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),” jelas Diah.

“MPP ini bisa dikatakan pelayanan publik yang mengalami peningkatan kualitas dari dua pelayanan terpadu sebelumnya,” katanya

Sebelum ada MPP, sambungnya, masyarakat lebih awam dengan Pelayanan Terpadu Satu Atap dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Namun, fasilitas pelayanannya lebih sempit bila dibandingkan dengan MPP.

“MPP merupakan tempat berlangsungnya pelayanan publik perihal dengan barang, jasa, dan layanan administrasi lainnya. Pelayanan MPP ini merupakan perluasan dari pelayanan terpadu baik di pusat maupun daerah,” tambahnya.

Tidak sebatas itu, ungkap Deputi Bidang, Pelayanan Publik Dr. Diah Natalisa, MBA, MPP ini, seluruh kegiatan-kegiatan pelayanan yang sifatnya perizinan maupun non perizinan menjadi kewenangan pemerintah setempat. Tidak hanya perizinan untuk masyarakat, badan usaha milik negara dan swasta juga bisa mengurus segala perizinan lewat MPP.

Ternyata, ungkapnya, Pemerintah Kota Bengkulu sudah melakukan itu lebih dahulu. Karena, menurutnya, Pemkot Bengkulu sudah melakukan pelayanan yang menghadirkan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat.

Sementara, Wali Kota Helmi Hasan menyampaikan, di Kota Bengkulu nantinya akan kita bangun MPP agar masyarakat nantinya bisa terlayani dengan puas

“Insya Allah akan kita bangun secepatnya, MPP ini nantinya seluruh pelayanan terpusat di MPP Kota Bengkulu,”

Kemudian, Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi juga mengatakan, tahun 2021 rancangan pembangunan MPP yang berpusat di Kota Bengkulu akan selesai.

“Nanti akan dirancang berapa dana yang diperlukan, di 2021 akan kita anggarkan, di pertengahan 2021 Insya Allah bangunan tersebut akan selesai,” ungkapnya.

“Sebenarnya, konten pelayanan tersebut sudah kita lakukan, seperti angka kematian hanya tiga hari sudah selesai dan langsung kita antar kerumah, hanya di Bengkulu usia 17 dalam pembuatan KTP tidak usah datang ke kantor dukcapil, cukup tunggu di sekolah kita rekam, kemudian kita antar langsung ke rumah masing-masing,” tutup Dedy Wahyudi. [Soprian]