PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Bertempat di aula Polres Rejang Lebong, Sabtu (18/1/2020) sebanyak 25 orang calon kepala desa (Cakades) mengikuti tahapan seleksi untuk meperebutkan kuota maksimal 5 orang cakades dari 4 desa untuk pelaksanaan Pilkades serentak pada tanggal (20/2/2020).

Diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong Suradi, 4 Desa yang calon kadesnya melebihi 5 orang yakni Desa Kota Padang Baru Kecamatan Kota Padang, Desa Dusun Sawah kecamatan Curup Utara , Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah.

“Sebelumnya kita informasikan ada 5 desa yang cakadesnya melebihi kuota, ternyata setelah dikonfirmasi ulang ke masing-masing panitia desa, hanya ada 4 desa yang melebihi kuota yakni desa Kota Padang Baru calonya ada 7 orang, desa Dusun Sawah, desa Air Kati dan desa Air Merah, masing masing 6 calon kepala desa. Hari ini mereka ini mengikuti tes tertulis dan wawancara,” ujar SUradi.

Ditambahkan Suradi, untuk tes tertulis dan wawancara bagi calon kades tersebut dilakukan oleh tim yang diisi dari Dinas PMD, Inspektorat Rejang Lebong, Kesbangpol, Polres, Kodim dan Kejaksaan Rejang Lebong.

“Tes tertulis ini menyangkut tentang pemerintahan desa permasalahan umum. Hasil tes ini langsung diumumkan tapi yang diumkan bukan nama-nama, yang lulus tapi nilai yang diperoleh oleh Peserta. Untung penentuan kelulusan sendiri dilakukan oleh panitia desa mengacu dengan nilai yang diperoleh pada saat tes ini. Selanjutnya panitia desa pada hari senin 20/1 dilakukan pengundian nomor urut di masing masing desa,” kata Suradi.

Sekedar diketahui untuk pilkades serentak di Rejang Lebong diikuti oleh 56 desa, pelaksanan pemilihan kepala desa ini sendiri akan dilakukan pada tanggal (20/2/2020). [Julkifli Sembiring]