PedomanBengkulu.com, Kaur – Bertempat di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaur pada Senin (27/1/2020) dilaksanakan pleno terkait hasil penelitian terhadap 255 berkas administrasi pendaftar PPK yang tersebar di 15 kecamatan se Kabupaten Kaur.

Dari hasil proses penelitian, sebanyak 255 berkas yang masuk hanya 225 lah yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Ketua KPUD Kaur Mexxi Rismanto melalui salah seorang Komisioner Divisi Teknis Irpanadi mengatakan, rata-rata gugurnya karena nama peserta terdeteksi di sistem parpol (Sipol) yang salah satu syarat mutlak selaku penyelenggara pemilu dilarang terlibat parpol paling tidak 5 tahun terakhir.

“Selain dari pada adanya ijazah yang tidak dilegalisir serta surat keterangan kesehatan yang tidak sesuai dengan regulasi tapi terbanyak penyebab pendaftar itu tidak lulus administrasi adalah namanya tercantum sebagai pengurus parpol yang terdeteksi di sipol,” jelas Irpan.

“Proses seleksi atau penelitian administrasi sudah dilakukan selama tiga hari. Selain itu sudah diawasi Bawaslu. Untuk itu bagi yang lulus adminiatrasi maka dapat mempersiapkan diri menghadapi tes tertulis. Pelaksanaan tes dilakukan secara manual,” tambah Irpan.

Selanjutnya, ungkapnys, bagi yang di nyatakan lulus administrasi berhak mengikuti tes tertulis yang akan di laksanakan pada 30 Januari ini di SMAN 1 Kaur. Kemudian, untuk jawaban nantinya pilihan ganda, sehingga peserta diimbau dapat belajar mulai dari tentang kepemiluan dan pengetahuan umum lainnya.

Mereka yang tidak lulus administrasi tersebar di 11 kecamatan. Kecuali di Nasal, semidang Gumay dan Padang Guci Hulu serta Kelam Tengah. Hasil seleksi administrasi diumumkan di website KPU Kaur dan papan pengumuman sekrrtriat KPU serta di seluruh Kantor Camat di Kabupaten Kaur tanggal 28 Januari.

“Kita berharap dengan dilakukan seleksi.dengan ketat dapat menghasilkan PPK yang berintegritas dan berkualitas. Sehingga proses pelaksanaan pilkada 23 September mendatang berjalan dengan lancar,” pungkasnya. [Sirat]