PedomanBengkulu.com, Kaur – Setelah sebelumnya Kaur di kategorikan zona merah dalam indeks kerawanan penyelenggaraan pemilu, namun atas beberapa kali pelaksanaan pemilu dan Pemilukada terutama pada pemilu 2019 lalu tanpa adanya konflik bahkan tidak ada gugatan hingga ke MK maka Bawaslu RI menetapkan zona hijau atau kategori aman. Hal itu di katakan Irpanadi Komisioner KPU daerah Kaur Kepala Divisi Teknis di ruang kerjanya pada Jumat (17/1/2020)

“Setelah di lakukan evaluasi terutama hasil pemilu 2019, Bawaslu menetapkan penyelenggaraan pemilu di Kaur sudah mendapatkan kategori hijau atau aman dari Bawaslu RI dan kita sangat berterimakasih atas apa yang telah di tetapkan itu,” kata Irpan.

Lanjutnya, kategori hijau ini tidak lepas kerja sama antara KPUD Kaur dengan Bawaslu Kaur. Ia berharap, sinergitas serta kerjasama yang baik terus dilakukan sesama penyelenggara terutama dalam Pemilukada pada September ini.

“Atas apa yang telah di capai kami berusaha meningkatkan dan pada beberapa waktu yang lalu KPUD Kaur telah melakukan pemetaan lokasi lokasi potensi kerawanan,” ungkap Irpan.

Ia juga menjelaskan terkait jumlah TPS termasuk ada beberapa TPS yang dikategorikan rawan atau sulit.

“Jumlah TPS pada Pemilukada nanti berjumlah 265 55, lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemilu 2019 lalu. Sedangkan TPS sulit ada di 4 Kecamatan yakni kecamatan Nassal, Maje, Tetap dan Muara Sahung serta ada di 23 Desa,” tutupnya. [Sirat]