Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu Erdiwan.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Untuk mencapai program pemerintah dalam mengembangkan perekonomian daerah melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kopi yang dimiliki, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengharapkan menjamurnya para penampung (supplier) untuk mempermudah pemasaran serta mengekspor kopi langsung dari pelabuhan Provinsi Bengkulu.

Diketahui, selama ini terdapat pabrik kopi pertama dan terbesar di Bengkulu, milik PT Citra Kopi Bengkulu yang diresmikan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, pada Kamis (13/12/18).

Pabrik tersebut berada di Desa Taba Pasemah, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Bukan hanya itu, berkat pembinaan dan bantuan dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu, saat ini sudah banyak sekali para pelaku usaha di bidang kopi dan sudah memiliki puluhan brand kopi lokal.

Namun sayangnya, hal tersebut belum begitu mampu meningkatkan jumlah ekspor kopi yang ada di Provinsi Bengkulu.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu Erdiwan, menurutnya, Bengkulu masih kekurangan supplier yang mampu mengekspor kopi Bengkulu melalui pelabuhan di Provinsi Bengkulu sendiri.

“Kita ini kekurangan supplier yang bisa menampung sekaligus bisa mengekspor kopi secara langsung ke luar negeri, padahal kopi kita kan jumlah produksinya sangat melimpah, bahkan kurang lebih sudah mencapai angka 70 ton per tahunnya,” ungkap Erdiwan, Kamis (9/1/2020) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Erdiwan mengungkapkan bahwa selama ini puluhan ton kopi yang dihasilkan, tidak di ekspor melalui pelabuhan Provinsi Bengkulu, melainkan di ekspor melalui Provinsi Lampung, hal itulah yang membuat jumlah ekspor kopi Provinsi Bengkulu tercatat hanya berkisar di 0.08 persen per tahunnya.

“Kita sangat berharap dengan jumlah produksi kopi yang cukup besar, Bengkulu ini mempunyai supplier yang handal, nantinya ia mampu mengatur pengiriman bahan baku tepat sasaran dan tentunya melalui Provinsi Bengkulu,” pungkas Erdiwan.

Sebelumnya terlansir, tiga jenis kopi Bengkulu berhasil mendapatkan penghargaan internasional dalam Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) – Perancis.

Tiga jenis kopi Bengkulu yang berhasil sabet penghargaan internasional tersebut, yakni Bencoolen Rejang Lebong, Bencoolen Kepahiang, dan Bermani Coffee Rejang Lebong. Penghargaan ini, diberikan langsung oleh Presiden AVPA Philippe Juglar, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Tanggerang. [Mario]